Monday, July 20, 2015

Rahasia Sehari-Hari

Salah satu cara mempelajari sains, khususnya untuk pemula atau tingkat dasar sanggup dimulai dengan mengenal banyak sekali benda dan insiden yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kejadian atau insiden dalam keseharian bukan sekedar sesuatu yang dibiarkan terjadi tetapi dengan penuh ketekunan, kita sanggup banyak mencar ilmu mengenai banyak sekali pengetahuan dan sekaligus melaksanakan banyak sekali percobaan-percobaan sederhana dan perbandingan. Setiap orang, tidak terbatas pada umur, sanggup menemukan diam-diam dalam kehidupan sehari-hari dan sekaligus memecahkannya. Kuncinya hanya satu, ialah ada impian yang besar untuk mau memahami/mengetahui sesuatu.

Berbagai insiden atau insiden yang terkait dalam sains mencakup banyak sekali hal, ibarat berikut ini :

  1. Botani
  2. Kimia
  3. Listrik
  4. Gesekan
  5. Titik berat
  6. Tuas
  7. Kelembaman
  8. Gaya apung
  9. Gaya molekul
  10. Panas
  11. Hantaran panas
  12. Es
  13. Tekanan udara
  14. Aliran
  15. Bunyi
  16. Optik
  17. Pemantulan
  18. Pembelokan cahaya
  19. Mata
  20. Geometri
Dalam buku Rahasia Sehari-hari (edisi terjemahan) dari Hans Jurgen Press, dari kedua puluh bab tersebut ada 125 insiden atau insiden yang terkait dengan sains disertai banyak sekali percobaan sederhana dan perbandingan sederhana untuk menguak diam-diam dibalik semua itu.

Contoh sederhana yang berjudul "Pengaruh matahari" diceritakan sebuah kendaraan beroda empat meluncur di jalan pedalaman dari arah utara ke selatan pada suatu hari di animo semi (Eropa). Salah seorang penumpang begitu kagum dengan indahnya pemandangan pohon-pohon apel yang sedang berbunga di pinggir jalan. Tetapi penumpang lainnya menyampaikan bahwa kalau kita melewati arah yang berlawanan (selatan ke utara) maka akan didapatkan pemandangan yang lebih menakjubkan.

Karena kendaraan beroda empat yang ditumpangi mereka dari arah utara ke selatan, maka hanya bab utara dari saja yang teramati. Tumbuhan-tumbuhan yang ke arah selatan mempunyai cabang yang jauh lebih panjang, daun lebih rimbun serta bunga lebih banyak alasannya sinar matahari leluasa mengenai bab itu. Begitu juga bulat tahunan dalam batangnya pada sebelah selatan lebih lebar dan lebih banyak jaringan untuk menyalurkan air dan zat makanan.

Buku Rahasia Sehari-hari dari Hans Jurgen Press, akan menjadi salah satu buku yang dipakai untuk mempelajari sains bagi pemula, khususnya pada blog sains media ini. Memang untuk dikala ini, kami masih mengumpulkan banyak sekali acuan yang sanggup berisi banyak sekali pengetahuan-pengetahuan tingkat dasar.

Sumber :

Belajar Sains dari Rahasia Sehari-hari


Sumber https://arsyadriyadi.blogspot.com/


EmoticonEmoticon