Judul : Metodologi Pendidikan Pembelajaran IPA
Penulis : Widi Wisudawati dan Eka Sulistyowati
Penerbit : Bumi Aksara
Tahun Terbit : 2014
Metodologi Pembelajaran IPA merupakan salah satu buku yang perlu dibaca oleh mahasiswa/calon guru, guru, maupun pemerhati dunia pendidikan (khususnya mata pelajaran IPA) semoga sanggup melakukan proses pembelajaran yang menarik pada konsep IPA.
Bab 1 Pembelajaran IPA : Sebuah Pendahuluan. Bab ini memuat arti penting pembelajaran IPA atau sains serta sejarah pendidikan atau kurikulum di Indonesia.
Bab 2 Bagaimana Proses Pembelajaran IPA. Bab ini memuat sub penggalan IPA ilmu yang terkontruksi secara personal dan sosial, tugas guru IPA terhadap proses pembelajaran IPA, pedagogical content knowledge (PCK) IPA serta perencanaan desaian proses pembelajaran IPA.
Bab 3 Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA. Bab ini memuat hakikat IPA dan hakikat pembelajaran IPA
Bab 4 Konsep Belajar dan Pembelajaran IPA. Bab ini memuat konsep berguru IPA dan teori berguru IPA.
Bab 5 Model Pembelajaran IPA. Bab ini memuat model pembelajaran kontekstual, model pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning), model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS), model pembelajaran Iqro, model pembelajaran discovery inquiry, model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), model pembelajaran IPA terpadu serta mode pembelajaran direct instruction (DI).
Bab 6 Pendekatan Pembelajaran IPA. Bab ini membahas pengertian dan jenis-jenis pendekatan pembelajaran IPA.
Bab 7 Strategi Pembelajaran IPA. Bab ini memuat taktik pembelajaran induktif dan deduktif.
Bab 8 Metode Pembelajaran IPA. Bab ini memuat metode ceramah, metode diskusi-presentasi, metode demontrasi, metode simulasi/role playing, metode simulasi dengan virtual laboratory (virtual labs), metode eksperimen serta metode pembelajaran IPA yang sesuai dengan kurikulum 2013.
Bab 9 Teknik Pembelajaran IPA. Bab ini memuat teknik bertanya, teknik menghafal dan teknik mencatat.
Bab 10 Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran IPA. Bab ini memuat urgensi pendidikan abjad serta integrasi nilai-nilai pendidikan abjad dalam proses pembelajaran IPA.
Bab 10 Aplikasi Proses Pembelajaran IPA dalam Bentuk Pedagogical Content Knowledge (PCK). Contoh materi yang dibahas dalam kemasan Pedagogical Content Knowledge (PCK) yakni ciri-ciri kehidupan, pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup, struktur jaringan tumbuhan, fenomena gunung api dan sistem ekskresi pada manusia.
Bab 11 Miskonsepsi IPA. Bab ini membahas latar belakang miskonsepsi serta banyak sekali miskonsepsi IPA Sekolah Menengah Pertama yang ditemukan dalam banyak sekali penelitian.
Buku Metodologi Pembelajaran IPA tentunya sanggup menjadi tambahan buku-buku seputar pendidikan IPA yang lain menyerupai Buku Metodologi Pembelajaran IPA maupun buku Metode Penelitian Pendidikan IPA yang keduanya ditulis oleh Paul Suparno. Selamat membaca.
EmoticonEmoticon