Thursday, November 24, 2016

Manfaat Gaya Goresan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Gaya goresan sanggup menguntungkan dan merugikan. Jika menguntungkan, tentunya gaya goresan ini akan terus dipakai. Sebaliknya bila merugikan, maka gaya goresan ini akan diatasi atau dikurangi tingkat kerugiannya.Misalnya, untuk mengurangi aus pada mesin motor perlu diberikan oli secara teratur.

Pada postingan ini, akan diberikan beberapa manfaat gaya goresan dalam kehidupan sehari-hari.
1. Rem Sepeda

Pernahkan kita mengamati bagaimana insiden goresan pada rem sepeda? Ya, dikala rem ditarik maka akan terjadi goresan antara karet rem dengan pelek logamnya. Sehingga sepeda akan berhenti. Tentunya dalam mengerem jangan mendadak, alasannya yaitu kalau tidak stabil/setimbang antara rem roda depan dan roda belakang malah sanggup terjungkal sepedanya.

Dalam perkara ini, gaya goresan bermanfaat untuk menghambat laju sepeda tersebut. Prinsip rem sepeda ini sama juga pada motor atau mobil. Intinya menghambat roda untuk berjalan. Bagi pengguna motor matic, banyak loh insiden roda terpeleset kesudahannya roboh alasannya yaitu rem kanan dan kirinya tidak berbarengan yang menciptakan motor tidak stabil.

2. Ban motor/mobil

Ban motor/mobil yang sudah halus sangat membahayakan. Apalagi dalam kecepatan yang tinggi, lalu tiba-tiba menikung sangat gampang sekali mobil/motor akan terpelanting. Belum lagi kalau melaju di jalanan yang licin, sangat gampang sekali terpeleset.
Untuk itu, baik ban kendaraan beroda empat atau motor dibentuk bergerigi. Itu pun kadang masih terpeleset, dikala jalannya licin.





3. Sepatu
Sepatu yang licin sangat gampang sekali menciptakan seseorang terpeleset. Seperti pemain sepak bola yang sepatunya dilengkapi dengan pol. Pol-pol tersebut bermanfaat untuk memperbesar goresan antara sepatu dengan tanah lapangan.





4. Bantalan peluru (poros) sepeda
Bantalan peluru sepeda diberi gotri (logam lingkaran kecil) yang diberi vaselin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi goresan sehingga roda akan lebih gampang berputar.








Tentunya pemanfaatan gaya gesek ini masih banyak lagi. Misalnya dalam pembuatan magnet salah satu caranya dengan menggosokan magnet pada materi bukan magnet, sehingga materi yang bukan magnet akan menjadi magnet. Bahkan goresan ini juga digunakan untuk menciptakan listrik statis, yaitu dikala penggaris plastik digosok ke rambut sehingga nanti penggaris plastik sanggup bermuatan.

Bacaan lebih lanjut
Purwanto, Budi. 2007. Sains Fisika 2 : Konsep dan Penerapannya.  PT Tiga Serangkai

Sumber gambar :
Rem sepeda : http://pad1.whstatic.com/images/thumb/d/d5/Fix-Brakes-on-a-Bike-Step-1-Version-2.jpg/728px-Fix-Brakes-on-a-Bike-Step-1-Version-2.jpg

Ban kendaraan beroda empat : http://www.myotomotif.com/wp-content/uploads/2013/05/Ban-Mobil-Bridgestone.jpg

Sepatu bola : http://www.sportku.com/uploads/article-images/sepatu-emas-untuk-cristiano-ronaldo-20140411085131-7951.jpeg

Bantalan peluru : http://www.iecltd.co.uk/Uploads/Image/bearings.jpg



Sumber https://arsyadriyadi.blogspot.com/


EmoticonEmoticon