Friday, January 20, 2017

Soal Biologi Un 2017 Harus Sesuai Kisi Kisi Ini

Saya Postingkan Kisi kisi soal UN 2017 dari negara yang harus dan perlu mendapat penitikberatan sehingga nilai nya Biologi semakin membaik 


SOAL UN BIOLOGI 2017
  1. Siswa bisa memahami dan menguasai: - ciri- ciri mahluk hidup dan kiprahnya dalam kehidupan
  2. Siswa bisa memahami dan menguasai tingkat keanekaragaman hayati (Keaneka ragaman gen, jenis, ekosistem)
  3. Siswa bisa memahami dan menguasai Ciri ekosistem khususnya Bioma baik parameter abiotik maupun biotiknya 
  4. Siswa bisa memahami dan menguasai struktur dan fungsi pada flora tingkat tinggi misalnya jaringanya mencakup apa saja dan bagaimana deskripsinya 
  5. Siswa bisa memahami dan menguasai - struktur dan fungsi pada insan dan hewan vertebrata khususnya deskripsi pada takson kelasnya Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves maupun Mamalia
  6. Siswa bisa memahami dan menguasai - bagian-bagian sistem organ Pencernaan  pada insan dan fungsinya
  7. Siswa bisa memahami dan menguasai - gangguan-gangguan pada sistem badan insan
  8. Siswa bisa memahami dan menguasai: struktur dan fungsi sel dengan gambarnya membedakan organela selnya tentu dengan fungsinya  
  9. Siswa bisa memahami dan menguasai - susunan RNA, DNA, dan kromosom dengan membedakan DNA dan RNA nya maupun aksara jenis kromosom 
  10. Siswa bisa memahami dan menguasai - metabolisme sel prosedur respirasi maupun fermentasi , fotosintesis maupu khemosintesis
  11. Siswa bisa memahami dan menguasai – bioteknologi baik yang dasar yang digunakan untuk menyebut Bioteknologi Konvensional maupun yang modern
  12. Siswa bisa memahami dan menguasai: -hukum-hukum Mendel dengan penerapan perkawinan dihibridnya
  13. Siswa bisa memahami dan menguasai -asal-usul kehidupan dengan kesimpulan dan langkah operasional percobaan redi spalanzani , pasteur maupun stanley miller dan oparin 
  14. Siswa bisa memahami dan menguasai -teori evolusi baik teori dan pokok pikiran darwin dengan seleksi alamnya maupun lamark dengan use and dis use nya
  15. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup contohnya kenapa ia dimasukkan phyllum arthropoda, kelas crustacea, divisio bryophyta 
  16. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana perubahan lingkungan baik dampaknya tanggapan polutan CO2, CO, CFC , SO2 dan NOx maupun , nitrat diair yang mengakibatkan Eutrofikasi dengan dampaknya
  17. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana - daur biogeokimia baik Daur Carbon , H pada siklus air , O2, N2, Sulphur maupun Phospor (denitrifikasi)
  18. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -mekanisme kerja sistem organ Reproduksi, Ekskresi , Respirasi maupun Immun 
  19. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana -pengaruh gangguan/serangan penyakit pada prosedur kerja organ Koordinasi baik saraf maupun indra dan Hormon
  20. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -transpor membran dengan Proses osmose maupun difusinya
  21. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang-enzim cirinya , cara kerja dan percobaan nya dilaboratorium  pada katalase dengan H2O2 nya
  22. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana -mekanisme reaksi katabolisme khususnya deskripsi Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif , Siklus krebs dan STE 
  23. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana anabolisme, mencakup Reaksi terang maupun reaksi gelap atau Calvin Benson
  24. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana -reproduksi sel baik melalui gambar maupun deskripsi fasenya baik mitosis maupun miosis 
  25. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana -sintesis protein baik urutannya maupun pengubahan instruksi genetiknya 
  26. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana -dampak bioteknologi baik di mahkluk hidup , lingkungannya
  27. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana - penyimpangan semu aturan Mendel pada insiden atavisme , Kriptomeri, epistasi , polymeri maupun gen Complementer
  28. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana - pembentukan gamet baik proses Spermatogenesis / Oogenesis maupun pencarian gamet pada genetika yang terjadi Lingkage maupun Crossing over 
  29. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana hereditas insan pada penurunan sifat buta warna, albino , imbisil maupun bisu tuli dan hemophily , perkara lethal maupun lewat diagram pedigree nya
  30. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana - petunjuk/bukti-bukti evolusi dijelaskan 6 bukti evolusi contohnya homologi , perbandingan embryo maupun dengan fosil
  31. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana · Merancang percobaan bisa menentuka Variable control; bebas dan terikatnya, baca tabel hasil ditanya maupun urutan methode ilmiahnya
  32. Siswa bisa memakai nalar dalam:- percobaan pengelompokan makhluk hidup baik flora dan binatang
  33. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana perubahan lingkungan dan dampaknya
  34. Siswa bisa memakai nalar dalam: -gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratorium
  35. Siswa bisa memakai nalar dalam-percobaan wacana faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan flora
  36. Siswa bisa memakai nalar dalam:-percobaan wacana transpor membran
  37. Siswa bisa memakai nalar dalam -percobaan metabolisme sel
  38. Siswa bisa memakai nalar dalam -percobaan bioteknologi
  39. Siswa bisa memakai nalar dalam:- hereditas insan dalam peta silsilah
  40. Siswa bisa memakai nalar dalam - hubungan antara teori dan prinsip berdasarkan perkara evolusi - prosedur evolusi
PREDIKSI 1
PREDIKSI 2 
PREDIKSI 3
PREDIKSI 4 



PREDIKSI 5


HASIL BEDAH

  1. Dapat mengatakan tahapan proses yang terjadi pada siklus litik/lisogenik
  2. Dapat menjelaskan fungsi dari potongan dari struktur basil
  3. Dapat menjelaskan peranan Alga yang dimanfaatkan dalam insan
  4. Dapat mengatakan pola keanekaragaman gen/jenis tumbuhan/hewan Indonesia
  5. Dapat menjelaskan keterkaitan macam jaringan dan fungsinya pada organ (akar/batang/daun)tumbuhan
  6. Dapat mengatakan keterkaitan antara ragam jaringan, struktur, dan fungsinya pada insan
  7. Dapat menjelaskan fungsi potongan Organ mata/telinga tertentu
  8. Dapat menjelaskan fungsi potongan organ reproduksi laki-laki/wanita tertentu
  9. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa sanggup memilih jenis penyakitnya
  10. Dapat mengatakan senyawa kimia/sifat kimia membran sel potongan tertentu
  11. Dapat menjelaskan fungsi organel sel hewan/tumbuhan tertentu
  12. Dapat mengatakan struktur DNA/RNA yang sempurna
  13. Dapat memilih cara kerja enzim berdasarkan teori lock and key/induced fit
  14. Dapat menjelaskan salah satu pola bioproses produk bioteknologi konvensional
  15. Dapat mengatakan jumlah/macam gamet yang terbentuk dari individu diploid (minimal 3 sifat beda) yang mengalami pautan kromosom.
  16. Dapat menjelaskan konsep dasar/hipotesis/simpulan percobaan yang dilakukan oleh para mahir penggerak teori biogenesis
  17. Dapat mengatakan insiden mutasi gen
  18. Dapat mengatakan insiden mutasi kromosom yang menjadikan kelainan pada insan
  19. Dapat menjelaskan perbedaan/persamaan teori evolusi Darwin, Lamarck, dan August Weismann
  20. Dapat memilih tugas cabang keilmuan biologi yang diterapkan dalam membantu pemecahan permasalahan kehidupan
  21. Dapat memilih ciri khas yang menjadi penentu perbedaan penggolongan basil dan protista
  22. Dapat mengatakan perbedaan ciri dan/atau cara hidup setiap kelas golongan Alga
  23. Dapat mengatakan golongan jamur dari jamur yang dicontohkan
  24. Dapat memilih dalam menggolongkan flora lumut dan paku hasil menganalisis perbedaan ciri dan cara hidupnya
  25. Dapat memilih dasar penjabaran penggolongan flora berbiji berdasarkan ciri-ciri hasil pengamatan
  26. Dapat memilih ciri-ciri yang menjadi dasar penggolongan kelas dari filum Arthropoda atau Molluska
  27. Dapat memilih ciri yang menjadi dasar penggolongan dalam kelas tertentu dari binatang Vertebrata
  28. Dapat memilih proses siklus hidup jenis cacing Platyhelminyhes/Nemathelmynthes atau jenis Coelenterata
  29. Dapat memilih tugas komponen ekosistem dalam jejaring masakan pada satu pola ekosistem
  30. Dapat memilih proses suatu komponen pada anutan energi/daur biogeokimia N, O,C, S, atau P
  31. Dapat meramalkan dampak adanya gangguan pada pelestarian hewan/tumbuhan Indonesia tertentu. Hutan sawit mengganti hutan bagaimana dampaknya 
  32. Dapat meramalkan dampak perubahan lingkungan tanggapan petaka atau acara insan terhadap lingkungan . Eutrofikasi apa dampaknya , CO2 banyak aa dampaknya 
  33. Dapat memilih proses prosedur kontraksi/relaksasi otot dari kerja sinergis-antagonis pada insan misal Fleksor ekstensor dengan gambar
  34. Dapat memilih hubungan antara enzim yang dihasilkan oleh kelenjar pada organ pencernaan dan fungsinyamisal di lambung , Usus 12 jari
  35. Dapat menghitung kapasitas udara dalam paru-paru ketika proses bernapas (ekspirasi/inspirasi) menghitung Kapasitas Vital Paru
  36. Dapat memilih proses yang terjadi pada nefron dalam pembentukan urin pada potongan tertentu misal di Glomerulus ada apa 
  37. Dapat mengurutkan prosedur penghantaran rangsang refleks pada sistem saraf pada insiden gerak refleks mis ada gambar atau narasi 
  38. Dapat memilih proses prosedur menstruasi pada fase tertentu siklus Hormonalnya FSH LH Estrogen Progesteron
  39. Dapat memilih tujuan salah satu proses imunisasi buatan misal tujuan imunisasi BCG , Poliomyletus
  40. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa sanggup memilih jenis penyakitnya misal sembelit, kolik , ulkus
  41. Disajikan proses yang mengakibatkan gangguan sistem pernafasan, siswa sanggup memilih gangguan yang terjadi misal hypoksia , emphisema 
  42. Dapat memilih proses yang terjadi dari percobaan difusi/osmosis berkaitan dengan isotonis/hipotonis/hipertonis misal prosedur transport difusi atau osmosis dengan gambar
  43. Dapat memilih perubahan yang terjadi berdasarkan grafik percobaan wacana dampak faktor tertentu terhadap kerja enzimmisal ada grafik yang bisa diintreprestasi entah itu suhu atau pH
  44. Dapat melengkapi data yang berkaitan dengan tahap reaksi katabolisme tahu tahapan Glikolisis, atau Siklus krebs atau DO
  45. Dapat memilih senyawa kimia yang berkaitan dengan fotosintesis pada tahapan tertentu Diagram siklus Reaksi Gelap.
  46. Dapat memilih proses metabolisme yang terjadi di dalam badan dikaitkan dengan aktifitas yang dilakukan dengan respirasi anaerob misal Ada laktat sehingga capek sebab dalam kontraksi kurang O2
  47. Dapat memilih proses yang terjadi pada fase pembelahan mitosis/meiosis.misal Proses tahapan Anafase itu deskripsinya bagaimana
  48. Dapat memilih proses yang terjadi pada fase gametogenesis (pada manusia/tumbuhan)misalnya dimana diploid dan dimana haploid
  49. Dapat memilih insiden yang terjadi pada tahapan proses sintesis proteinada skema tahapan yang terjadi dimana proses transkripsi , dimana translasinya deskripsi nya. Atau perubahan pasangan basa nitrogen
  50. Dapat memilih prinsip dasar dari proses pengembangan bioteknologi modernmisal dampak hibridoma, transgenik
  51. Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada perkara persilangan monohibrid aturan Mendel maupun dihibrid
  52. Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada perkara persilangan dihirida aturan Mendelmisal ditanya F2 nya
  53. Dapat menghitung kemungkinan fenotip yang muncul dari persilangan penyimpangan aturan Mendel dari perkara atavisme/hipostasis-epistasis/polimeri/kriptomeri/interaksi antar gen/gen komplementer misal perkawinan F2 nya bagaimana 
  54. Dapat meramalkan kemungkinan persentase pewarisan sifat tertentu pada manusia(hemofili, butawarna, albino, gol. Darah)misal dengan peta silsilah
  55. Dapat menjelaskan bukti/fakta yang mendukung gagasan teori evolusi Darwin
  56. Dapat menemukan kunci dikotom dari makhluk hidup yang diidentifikasi memilih kelompoknya
  57. Dapat menyimpulkan tindakan perbaikan/pelestarian yang sempurna atas perkara kerusakan/perubahan lingkungan. misal ada persoalan bagaimana menyimpulkan tindakan perbaikan bagaimana 
  58. Dapat menyimpulkan jenis penyakitnya berdasarkan hasil tes laboratorium klinis dari sistem peredaran darah insan
  59. Dapat menyimpulkan potongan organ ginjal/nefron yang terganggu dari hasil investigasi klinis urin ada tabel hasil test urine protein banyak dimana kerusakan
  60. Dapat mengintepretasikan data/grafik percobaan dampak faktor tertentu terhadap pertumbuhan flora berdasarkan hasil percobaan misal bisa membaca grafik hasil percobaan pertumbuhan 
  61. Dapat menemukan parameter (kuantitatif/kalitatif) dari rencana percobaan pertumbuhan/perkembangan flora sebab dampak faktor luarmisal sanggup menemukan data kwalitatif dan kwantitatif
  62. Dapat menyimpulkan hasil percobaan prosedur transpor lewat membran: difusi/osmosis misal percobaan kantung semipermeable
  63. Dapat menyimpulkan hasil percobaan enzim katalase sebab dampak faktor suhu/pH/konsentrasi enzim-substrat 
  64. Dapat mengintepretsikan proses percobaan fotosintesis (Ingenhouze/Engelmann/Sach)pada tahapan tertentu membaca dalam percobaan basil menuju cahaya , apa guna CaOH2 dalam percobaan ingenhouse
  65. Dapat menginterpretasikan proses percobaan fermentasi pada tahapan tertentu misal ragi dengan kapur atau Phenil mengapa muncul gelembung, berbeda warnanya
  66. Disajikan peta silsilah persilangan hereditas insan siswa sanggup Dapat menemukan kemungkinan genotip/persentase individu tertentu dari petasilsilah pewarisan sifat insan pakai peta silsilah
  67. Dapat menemukan satu pola peristiwa pembentukan spesies gres (isolasi reproduksi/isolasi gamet, dsb)misal proses speciasi berdasarkan hasil isolasi misal isolasi reproduksi , isolasi gamet
  68. Dapat menemukan rasio fenotip/jumlah keturunan dari perkara perkawinan dalam populasi yang stabil (Hk. Hardy-weinberg) bertanya jumlah populasi yang carier 
APLLY
AGAIN
BEDAH UN 2017 


Sumber https://biologigonz.blogspot.com


EmoticonEmoticon