Saya Postingkan Kisi kisi soal UN 2017 dari negara yang harus dan perlu mendapat penitikberatan sehingga nilai nya Biologi semakin membaik
SOAL UN BIOLOGI 2017
PREDIKSI 2
PREDIKSI 3
PREDIKSI 4
PREDIKSI 5
HASIL BEDAH
AGAIN
BEDAH UN 2017
Sumber https://biologigonz.blogspot.comSOAL UN BIOLOGI 2017
- Siswa bisa memahami dan menguasai: - ciri- ciri mahluk hidup dan kiprahnya dalam kehidupan
- Siswa bisa memahami dan menguasai tingkat keanekaragaman hayati (Keaneka ragaman gen, jenis, ekosistem)
- Siswa bisa memahami dan menguasai Ciri ekosistem khususnya Bioma baik parameter abiotik maupun biotiknya
- Siswa bisa memahami dan menguasai struktur dan fungsi pada flora tingkat tinggi misalnya jaringanya mencakup apa saja dan bagaimana deskripsinya
- Siswa bisa memahami dan menguasai - struktur dan fungsi pada insan dan hewan vertebrata khususnya deskripsi pada takson kelasnya Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves maupun Mamalia
- Siswa bisa memahami dan menguasai - bagian-bagian sistem organ Pencernaan pada insan dan fungsinya
- Siswa bisa memahami dan menguasai - gangguan-gangguan pada sistem badan insan
- Siswa bisa memahami dan menguasai: struktur dan fungsi sel dengan gambarnya membedakan organela selnya tentu dengan fungsinya
- Siswa bisa memahami dan menguasai - susunan RNA, DNA, dan kromosom dengan membedakan DNA dan RNA nya maupun aksara jenis kromosom
- Siswa bisa memahami dan menguasai - metabolisme sel prosedur respirasi maupun fermentasi , fotosintesis maupu khemosintesis
- Siswa bisa memahami dan menguasai – bioteknologi baik yang dasar yang digunakan untuk menyebut Bioteknologi Konvensional maupun yang modern
- Siswa bisa memahami dan menguasai: -hukum-hukum Mendel dengan penerapan perkawinan dihibridnya
- Siswa bisa memahami dan menguasai -asal-usul kehidupan dengan kesimpulan dan langkah operasional percobaan redi spalanzani , pasteur maupun stanley miller dan oparin
- Siswa bisa memahami dan menguasai -teori evolusi baik teori dan pokok pikiran darwin dengan seleksi alamnya maupun lamark dengan use and dis use nya
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup contohnya kenapa ia dimasukkan phyllum arthropoda, kelas crustacea, divisio bryophyta
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana perubahan lingkungan baik dampaknya tanggapan polutan CO2, CO, CFC , SO2 dan NOx maupun , nitrat diair yang mengakibatkan Eutrofikasi dengan dampaknya
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana - daur biogeokimia baik Daur Carbon , H pada siklus air , O2, N2, Sulphur maupun Phospor (denitrifikasi)
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -mekanisme kerja sistem organ Reproduksi, Ekskresi , Respirasi maupun Immun
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana -pengaruh gangguan/serangan penyakit pada prosedur kerja organ Koordinasi baik saraf maupun indra dan Hormon
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -transpor membran dengan Proses osmose maupun difusinya
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang-enzim cirinya , cara kerja dan percobaan nya dilaboratorium pada katalase dengan H2O2 nya
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana -mekanisme reaksi katabolisme khususnya deskripsi Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif , Siklus krebs dan STE
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana anabolisme, mencakup Reaksi terang maupun reaksi gelap atau Calvin Benson
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana -reproduksi sel baik melalui gambar maupun deskripsi fasenya baik mitosis maupun miosis
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana -sintesis protein baik urutannya maupun pengubahan instruksi genetiknya
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana -dampak bioteknologi baik di mahkluk hidup , lingkungannya
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana - penyimpangan semu aturan Mendel pada insiden atavisme , Kriptomeri, epistasi , polymeri maupun gen Complementer
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana - pembentukan gamet baik proses Spermatogenesis / Oogenesis maupun pencarian gamet pada genetika yang terjadi Lingkage maupun Crossing over
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana hereditas insan pada penurunan sifat buta warna, albino , imbisil maupun bisu tuli dan hemophily , perkara lethal maupun lewat diagram pedigree nya
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana - petunjuk/bukti-bukti evolusi dijelaskan 6 bukti evolusi contohnya homologi , perbandingan embryo maupun dengan fosil
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana · Merancang percobaan bisa menentuka Variable control; bebas dan terikatnya, baca tabel hasil ditanya maupun urutan methode ilmiahnya
- Siswa bisa memakai nalar dalam:- percobaan pengelompokan makhluk hidup baik flora dan binatang
- Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman wacana perubahan lingkungan dan dampaknya
- Siswa bisa memakai nalar dalam: -gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratorium
- Siswa bisa memakai nalar dalam-percobaan wacana faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan flora
- Siswa bisa memakai nalar dalam:-percobaan wacana transpor membran
- Siswa bisa memakai nalar dalam -percobaan metabolisme sel
- Siswa bisa memakai nalar dalam -percobaan bioteknologi
- Siswa bisa memakai nalar dalam:- hereditas insan dalam peta silsilah
- Siswa bisa memakai nalar dalam - hubungan antara teori dan prinsip berdasarkan perkara evolusi - prosedur evolusi
PREDIKSI 2
PREDIKSI 3
PREDIKSI 4
PREDIKSI 5
HASIL BEDAH
- Dapat mengatakan tahapan proses yang terjadi pada siklus litik/lisogenik
- Dapat menjelaskan fungsi dari potongan dari struktur basil
- Dapat menjelaskan peranan Alga yang dimanfaatkan dalam insan
- Dapat mengatakan pola keanekaragaman gen/jenis tumbuhan/hewan Indonesia
- Dapat menjelaskan keterkaitan macam jaringan dan fungsinya pada organ (akar/batang/daun)tumbuhan
- Dapat mengatakan keterkaitan antara ragam jaringan, struktur, dan fungsinya pada insan
- Dapat menjelaskan fungsi potongan Organ mata/telinga tertentu
- Dapat menjelaskan fungsi potongan organ reproduksi laki-laki/wanita tertentu
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa sanggup memilih jenis penyakitnya
- Dapat mengatakan senyawa kimia/sifat kimia membran sel potongan tertentu
- Dapat menjelaskan fungsi organel sel hewan/tumbuhan tertentu
- Dapat mengatakan struktur DNA/RNA yang sempurna
- Dapat memilih cara kerja enzim berdasarkan teori lock and key/induced fit
- Dapat menjelaskan salah satu pola bioproses produk bioteknologi konvensional
- Dapat mengatakan jumlah/macam gamet yang terbentuk dari individu diploid (minimal 3 sifat beda) yang mengalami pautan kromosom.
- Dapat menjelaskan konsep dasar/hipotesis/simpulan percobaan yang dilakukan oleh para mahir penggerak teori biogenesis
- Dapat mengatakan insiden mutasi gen
- Dapat mengatakan insiden mutasi kromosom yang menjadikan kelainan pada insan
- Dapat menjelaskan perbedaan/persamaan teori evolusi Darwin, Lamarck, dan August Weismann
- Dapat memilih tugas cabang keilmuan biologi yang diterapkan dalam membantu pemecahan permasalahan kehidupan
- Dapat memilih ciri khas yang menjadi penentu perbedaan penggolongan basil dan protista
- Dapat mengatakan perbedaan ciri dan/atau cara hidup setiap kelas golongan Alga
- Dapat mengatakan golongan jamur dari jamur yang dicontohkan
- Dapat memilih dalam menggolongkan flora lumut dan paku hasil menganalisis perbedaan ciri dan cara hidupnya
- Dapat memilih dasar penjabaran penggolongan flora berbiji berdasarkan ciri-ciri hasil pengamatan
- Dapat memilih ciri-ciri yang menjadi dasar penggolongan kelas dari filum Arthropoda atau Molluska
- Dapat memilih ciri yang menjadi dasar penggolongan dalam kelas tertentu dari binatang Vertebrata
- Dapat memilih proses siklus hidup jenis cacing Platyhelminyhes/Nemathelmynthes atau jenis Coelenterata
- Dapat memilih tugas komponen ekosistem dalam jejaring masakan pada satu pola ekosistem
- Dapat memilih proses suatu komponen pada anutan energi/daur biogeokimia N, O,C, S, atau P
- Dapat meramalkan dampak adanya gangguan pada pelestarian hewan/tumbuhan Indonesia tertentu. Hutan sawit mengganti hutan bagaimana dampaknya
- Dapat meramalkan dampak perubahan lingkungan tanggapan petaka atau acara insan terhadap lingkungan . Eutrofikasi apa dampaknya , CO2 banyak aa dampaknya
- Dapat memilih proses prosedur kontraksi/relaksasi otot dari kerja sinergis-antagonis pada insan misal Fleksor ekstensor dengan gambar
- Dapat memilih hubungan antara enzim yang dihasilkan oleh kelenjar pada organ pencernaan dan fungsinyamisal di lambung , Usus 12 jari
- Dapat menghitung kapasitas udara dalam paru-paru ketika proses bernapas (ekspirasi/inspirasi) menghitung Kapasitas Vital Paru
- Dapat memilih proses yang terjadi pada nefron dalam pembentukan urin pada potongan tertentu misal di Glomerulus ada apa
- Dapat mengurutkan prosedur penghantaran rangsang refleks pada sistem saraf pada insiden gerak refleks mis ada gambar atau narasi
- Dapat memilih proses prosedur menstruasi pada fase tertentu siklus Hormonalnya FSH LH Estrogen Progesteron
- Dapat memilih tujuan salah satu proses imunisasi buatan misal tujuan imunisasi BCG , Poliomyletus
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa sanggup memilih jenis penyakitnya misal sembelit, kolik , ulkus
- Disajikan proses yang mengakibatkan gangguan sistem pernafasan, siswa sanggup memilih gangguan yang terjadi misal hypoksia , emphisema
- Dapat memilih proses yang terjadi dari percobaan difusi/osmosis berkaitan dengan isotonis/hipotonis/hipertonis misal prosedur transport difusi atau osmosis dengan gambar
- Dapat memilih perubahan yang terjadi berdasarkan grafik percobaan wacana dampak faktor tertentu terhadap kerja enzimmisal ada grafik yang bisa diintreprestasi entah itu suhu atau pH
- Dapat melengkapi data yang berkaitan dengan tahap reaksi katabolisme tahu tahapan Glikolisis, atau Siklus krebs atau DO
- Dapat memilih senyawa kimia yang berkaitan dengan fotosintesis pada tahapan tertentu Diagram siklus Reaksi Gelap.
- Dapat memilih proses metabolisme yang terjadi di dalam badan dikaitkan dengan aktifitas yang dilakukan dengan respirasi anaerob misal Ada laktat sehingga capek sebab dalam kontraksi kurang O2
- Dapat memilih proses yang terjadi pada fase pembelahan mitosis/meiosis.misal Proses tahapan Anafase itu deskripsinya bagaimana
- Dapat memilih proses yang terjadi pada fase gametogenesis (pada manusia/tumbuhan)misalnya dimana diploid dan dimana haploid
- Dapat memilih insiden yang terjadi pada tahapan proses sintesis proteinada skema tahapan yang terjadi dimana proses transkripsi , dimana translasinya deskripsi nya. Atau perubahan pasangan basa nitrogen
- Dapat memilih prinsip dasar dari proses pengembangan bioteknologi modernmisal dampak hibridoma, transgenik
- Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada perkara persilangan monohibrid aturan Mendel maupun dihibrid
- Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada perkara persilangan dihirida aturan Mendelmisal ditanya F2 nya
- Dapat menghitung kemungkinan fenotip yang muncul dari persilangan penyimpangan aturan Mendel dari perkara atavisme/hipostasis-epistasis/polimeri/kriptomeri/interaksi antar gen/gen komplementer misal perkawinan F2 nya bagaimana
- Dapat meramalkan kemungkinan persentase pewarisan sifat tertentu pada manusia(hemofili, butawarna, albino, gol. Darah)misal dengan peta silsilah
- Dapat menjelaskan bukti/fakta yang mendukung gagasan teori evolusi Darwin
- Dapat menemukan kunci dikotom dari makhluk hidup yang diidentifikasi memilih kelompoknya
- Dapat menyimpulkan tindakan perbaikan/pelestarian yang sempurna atas perkara kerusakan/perubahan lingkungan. misal ada persoalan bagaimana menyimpulkan tindakan perbaikan bagaimana
- Dapat menyimpulkan jenis penyakitnya berdasarkan hasil tes laboratorium klinis dari sistem peredaran darah insan
- Dapat menyimpulkan potongan organ ginjal/nefron yang terganggu dari hasil investigasi klinis urin ada tabel hasil test urine protein banyak dimana kerusakan
- Dapat mengintepretasikan data/grafik percobaan dampak faktor tertentu terhadap pertumbuhan flora berdasarkan hasil percobaan misal bisa membaca grafik hasil percobaan pertumbuhan
- Dapat menemukan parameter (kuantitatif/kalitatif) dari rencana percobaan pertumbuhan/perkembangan flora sebab dampak faktor luarmisal sanggup menemukan data kwalitatif dan kwantitatif
- Dapat menyimpulkan hasil percobaan prosedur transpor lewat membran: difusi/osmosis misal percobaan kantung semipermeable
- Dapat menyimpulkan hasil percobaan enzim katalase sebab dampak faktor suhu/pH/konsentrasi enzim-substrat
- Dapat mengintepretsikan proses percobaan fotosintesis (Ingenhouze/Engelmann/Sach)pada tahapan tertentu membaca dalam percobaan basil menuju cahaya , apa guna CaOH2 dalam percobaan ingenhouse
- Dapat menginterpretasikan proses percobaan fermentasi pada tahapan tertentu misal ragi dengan kapur atau Phenil mengapa muncul gelembung, berbeda warnanya
- Disajikan peta silsilah persilangan hereditas insan siswa sanggup Dapat menemukan kemungkinan genotip/persentase individu tertentu dari petasilsilah pewarisan sifat insan pakai peta silsilah
- Dapat menemukan satu pola peristiwa pembentukan spesies gres (isolasi reproduksi/isolasi gamet, dsb)misal proses speciasi berdasarkan hasil isolasi misal isolasi reproduksi , isolasi gamet
- Dapat menemukan rasio fenotip/jumlah keturunan dari perkara perkawinan dalam populasi yang stabil (Hk. Hardy-weinberg) bertanya jumlah populasi yang carier
AGAIN
BEDAH UN 2017
EmoticonEmoticon