Friday, October 30, 2015

Pengertian Dan Jenis Pelapukan Kimia

Pengertian Pelapukan Kimia. Pelapukan kimia terjadi akhir mineral lebih gampang larut dan akan mengalami perubahan pada struktur, menimbulkan fragmentasi mudah. Perubahan kelarutan disebabkan oleh larutan (konstan dalam air), hidrolisis dan karbonasi. Srtuktural perubahan yang konstan yang dibawa oleh hidrasi, oksidasi dan reduksi.

Seperti dikutip dari wikipedia. Pelapukan kimia yakni merupakan pelapukan yang menghancurkan masa batuan yang disertai perubahan struktur Kimianya. Pelapukan kimia tampak terperinci terjadi pada pegunungan kapur (karst). Pelapukan ini berlangsung dengan batuan air dan suhu yang tinggi. Air yang banyak mengandung CO2 (zat asam arang) sanggup dengan gampang melarutkan watu kapur (CaCO2). Peristiwa ini merupakan pelarutan dan sanggup menimbulkan tanda-tanda karst.

Berdasarkan Pengertian Lain Pelapukan kimia yakni ‘penghancuran’ batuan akhir pengubahan kimia terhadap mineral-mineral pembentuknya yang melibatkan beberapa reaksi penting antara unsur-unsur di atmosfer dan mineral-mineral pada kerak bumi. Dalam proses-proses ini, struktur dalam mineral semula terurai dan terbentuk mineral-mineral baru, dengan struktur kristal gres yang stabil di atas permukaan bumi. Reaksi-reaksi yang demikian menimbulkan terjadinya perubahan besar terhadap komposisi kimia, sifat fisik batuan, sehingga sanggup dikatakan proses dekomposisi.

Air memiliki tugas utama dalam pelapukan Kimia, sedangkan tugas utama dalam reaksi-reaksi kimia, sebagai medium yang mentrasport unsur-unsur yang ada di atmosfir pribadi ke mineral-mineral pada batuan dimana reaksi sanggup berlangsung.

Jenis Pelapukan Kimia
  1. Pelarutan atau penghancuran (Solution/dissolution)
  2. Hidrolisa
  3. Karbonasi
  4. Oksidasi
  5. Hidrasi
  6. Desiliksi
  7. Pencucian (leaching)

Faktor Yang Mempengaruhi Pelapukan Kimia
  1. Komposisi Batuan
  2. Iklim
  3. Ukuran Batuan
  4. Vegetasi dan Binatang
Dikutip Dari Berbagai Sumber.

Sumber http://seputarpengertian.blogspot.com


EmoticonEmoticon