Wednesday, April 27, 2016

16 Manfaat Tumbuhan Berbiji Bagi Manusia

Tumbuhan berbiji ialah tumbuhan yang mempunyai biji yang merupakan hasil pembuahan pada bunga. Tumbuhan berbiji juga disebut spermatophyta. Biji berasal dari bakal biji di bunga. Setelah matang, biji biasanya terdapat di dalam buah. Namun, pada flora berbiji terbuka, tidak terdapat daging buah. Berikut ialah manfaat flora berbiji bagi manusia. Manfaat ini tidak hanya terbatas pada bijinya, tetapi keseluruhan flora berbiji tersebut. Langsung saja kita simak yang pertama:
yang mempunyai biji yang merupakan hasil pembuahan  pada bunga 16 Manfaat Tumbuhan Berbiji bagi Manusia

1. Sayuran

Beberapa flora berbiji sanggup dijadikan sayuran menyerupai kacang merah, tomat, kol, kentang, bayam, dan wortel. Tumbuhan tersebut kaya akan serat, protein, dan vitamin.

2. Makanan Pokok

Jenis-jenis biji menyerupai gandum, padi, kentang, sagu, dan jagung telah menjadi masakan pokok sebagian besar warga di dunia. Gandum sanggup dijadikan roti dan sereal. Padi sanggup dijadikan nasi atau jajanan dari tepung beras. Sedangkan jagung sanggup dimakan eksklusif atau diolah menjadi aneka pangan.

3. Perabotan Rumah Tangga dan Rumah

Kayu dari banyak sekali jenis flora berbiji mempunyai fungsi penting sebagai perabotan rumah tangga dan untuk materi bangunan. Jenis-jenis kayu menyerupai mahoni dan jati anggun untuk dijadikan perabotan.

4. Bahan Sandang

Kapas menjadi materi utama di sebagian besar pakaian. Kapas dipilih alasannya ialah lembut, hangat dikala dingin, sejuk dikala cuaca panas, perawatan yang mudah, dan harganya yang relatif murah.

5. Penyandang Air dan Penghijauan

Banyak flora berbiji yang ditanam untuk digunakan sebagai penahan air dan penghijauan. Contohnya ialah mahoni dan pinus.

6. Menghasilkan Oksigen

Semua flora berbiji sanggup menghasilkan oksigen. Oksigen ialah hasil dari fotosintesis. Oksigen sangat diharapkan oleh badan manusia. Contohnya ialah pohon mangga.

7. Tanaman Herbal

Beberapa tumbuhan herbal berasal dari flora berbiji. Biasanya tumbuhan herbal diolah menjadi jamu atau obat tradisional. Contoh tumbuhan herbal dari flora berbiji ialah jambu biji, mengkudu, dan kumis kucing.

8. Sumber Buah-Buahan

Banyak flora berbiji yang daging buahnya sanggup dimakan. Buah tersebut kaya akan serat dan vitamin. Contohnya ialah pir, apel, jeruk, nangka, dan mangga.

9. Rempah-Rempah

Berbagai bumbu dapur tradisional memakai rempah-rempah dari flora berbiji. Micalnya kemiri dan pala.

10. Pewangi

Ada juga flora berbiji yang sanggup dijadikan parfum atau pewangi. Misalnya cendana, mawar, kayu putih, dan melati.

11. Tanaman Hias

Tanaman hias ialah tumbuhan yang ditanam di pekarangan rumah atau taman sebagai penghias dan penghijau. Banyak jenis tumbuhan hias yang berasal dari flora berbiji. Contohnya ialah bunga matahari, adenium, anggrek, mawar, kamboja, dan cempaka.

12. Bahan Bakar

Sebelum ada kompor minyak tanah/gas, masyarakat memakai ranting pohon sebagai materi bakar kompor yang disebut tungku kayu bakar. Ranting pohon tersebut sanggup ditemukan di hutan. Contoh flora berbiji yang ranting pohonnya sanggup dijadikan materi bakar ialah apukat, rambutan, dan mangga.

13. Kertas

Kertas ialah benda yang paling sering digunakan dalam keseharian. Kertas berasal dari serat kayu beberapa jenis flora berbiji.

14. Kerajinan

Salah satu buah tangan khas kawasan setempat ialah kerajinan tangannya. Kerajinan tangan kebanyakan memakai daun, batang, dan akar dari suatu flora berbiji. Selain kerajinan, ada juga yang mengakibatkan bab flora berbiji sebagai media seni seperti gesekan dan patung.

15. Sarana Upacara

Di beberapa agama dan kepercayaan, flora berbiji menyerupai daun kelapa dan banyak sekali jenis bunga dijadikan sebagai sarana upacara keagamaan.

16. Bahan Bakar Alternatif

Tumbuhan berbiji seperti biji jarak sanggup dijadikan sebagai biodiesel atau materi bakar kendaraan diesel yang ramah lingkungan.


Referensi:
  1. Kingdom Plantae: Spermatophyta(Tumbuhan Berbiji) (https://ceycieenajwa.wordpress.com/category/spermatophyta/)
  2. Perbedaan Manfaat Tumbuhan Lumut, Paku, dan Berbiji (https://reseup.wordpress.com/cabang-ilmu-biologi/perbedaan-manfaat-tumbuhan-lumut-paku-dan-berbiji/)



Anda sanggup request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

Sumber http://hedisasrawan.blogspot.com/


EmoticonEmoticon