Tuesday, November 24, 2015

Pengertian Kewirausahaan (Artikel Lengkap)

Kewirausahaan ialah sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, inovatif, berdaya, bercipta, berkarsa, dan bersahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dan menawarkan nilai lebih untuk masyarakat dalam acara usahanya. Orang yang mempunyai jiwa kewirausahaan disebut wirausaha (Baca juga: Pengertian Wirausaha). Dalam bahasa Inggris, “kewirausahaan” disebut entrepreneurship.

Kewirausahaan ialah sikap mental dan jiwa yang selalu aktif Pengertian Kewirausahaan (Artikel Lengkap)Pengertian Wira) berarti pejuang, pahlawan, insan unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani, dan berwatak agung. “Usaha” berarti “perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan”. Awalan “ke-“ berarti “sifat” atau “watak”. Sedangkan akhiran “-an” mendukung awalan “ke-“ dalam membentuk arti “sifat” atau “watak”.

Jadi, secara harfiah kewirausahaan ialah “Sifat usaha yang melaksanakan suatu perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan”.

2. Arti Kata Kewirausahaan

Tidak ada arti kata kewirausahaan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Begitu pula dengan arti kata wirausaha. Namun ada satu istilah yang seakan-akan yaitu wiraswasta. Berikut ialah arti kata wiraswasta berdasarkan KBBI:

Wiraswasta (nomina/kata benda) orang yang berani mengambil risiko untuk memulai usaha baru, memasarkan, serta mengatur permodalam usahanya.

3. Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut ialah beberapa pengertian kewirausahaan berdasarkan para ahli:

  1. Thomas W. Zimmerer, kewirausahaan ialah penerapan keinovasian dan kreativitas untuk pemecahan duduk kasus dan memanfaatkan banyak sekali peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.
  2. Robbin & Coulter, kewirausahaan ialah suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok memakai upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan membuat suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan harapan melalui sebuah penemuan dan keunikan.
  3. Achmad Sanusi, kewirausahaan ialah suatu nilai yang diwujudkan di dalam sikap yang menjadi dasar tujuan, kiat, siasat, tenaga penggerak, proses, dan hasil bisnis.

4. Perbedaan Kewirausahaan dan Wirausaha

Kewirausahaan menekankan pada sikap dan perilaku, sedangkan wirausaha lebih menekankan pada orang yang mempunyai sikap kewirausahaan.


Referensi:

  1. Pengertian Wirausaha (Artikel Lengkap) (https://paketmateriku.blogspot.com//search?q=pengertian-wirausaha-artikel-lengkap)
  2. Ke- (https://paketmateriku.blogspot.com//search?q=pengertian-wirausaha-artikel-lengkap)
  3. Pengertian kewirausahaan (https://paketmateriku.blogspot.com//search?q=pengertian-wirausaha-artikel-lengkap)


Anda sanggup request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)


Sumber http://hedisasrawan.blogspot.com/


EmoticonEmoticon