Prediksi Ujian Nasional IPA Fisika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2015 (Bagian 2)
Prediksi Ujian Nasional IPA bagi Sekolah Menengah Pertama tahun 2015 bulan Mei besok didasarkan pada analisa bedah SKL yang telah dikeluarkan BSNP, bedah SKL UN, maupun dengan menganalisa soal-soal tahun sebelumnya, khususnya tahun 2013 dan 2014.Pada postingan sebelumnya, telah dijabarkan prediksi ujian nasional IPA Fisika Sekolah Menengah Pertama untuk bahan besaran dan pengukuran, zat dan kalor serta dasar-dasar mekanika. Dipredikisikan untuk besaran dan pengukuran ada 3 point/soal, konsep zat dan kalor ada 3 point/soal sedangkan untuk dasar-dasar mekanika ada 7 point/soal.
Sekarang kita lanjutkan saja, predsiksi ujian nasional IPA Fisika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2015 untuk bahan getarang-gelombang-bunyi, optik dan alat optik, listrik magnet, serta tata surya.
4. Getaran, gelombang dan Bunyi
a. Getaran dan gelombang
Pada soal UN IPA tahun 2014, yang dikeluarkan yaitu memilih banyaknya getaran dari suatu bandul. Dalam tahun ini, harus juga disiapkan bahan gelombangnya. Kalau membaca indikator, yaitu memilih besaran fisis pada getaran atau gelombang, terperinci yang dikehendaki yaitu soal mengenai hitungan. Kalau bahan gelombang, baik gelombang tranversal maupun longitudinal pahamilah kekerabatan antara panjang gelombang, cepat rambat gelombang dan frekuensi atau periodenya. Untuk memahami panjang gelombang kita harus paham juga pengertian 1 gelombang, yang terdiri dari 1 bukit 1 lembah maupun 1 rapatan 1 regangan.
b. Bunyi
Untuk bahan bunyi, tentunya kita harus memahami sifat-sifat suara serta penerapannya. Misalnya, suara ditimbulkan oleh benda yang bergetar, suara sanggup dipantulkan, suara dalam perambatannya memerlukan medium, suara dalam perambatannya memerlukan waktu dan selanjutnya.
Selain itu, kita juga harus memahami manfaat pemantulan bunyi. mIsalnya untuk mengukur kedalaman air laut, memilih cepat rambat bunyi, memeriksa lapisan bumi dan lain-lain
5. Cahaya dan dan Alat Optik
Pada soal UN IPA tahun 2014, yang dikeluarkan yaitu mencari kekuatan lensa untuk cacat mata hipermetropi atau rabun dekat. Bagaimana dengan tahun ini. Berhubung ada 2 bahan yaitu satunya cahaya/optik, serta alat optik ya dihentikan tidak kita harus menyiapkan kedua jenis bahan ini.
a. Sifat bayangan pada cermin atau lensa
Untuk memilih sifat bayangan pada cermin dan lensa, ada beberapa jenis soal yang mungkin. Misalnya melalui gambar, diberikan sebuah benda yang diletakkan pada posisi tertentu dalam cermin. Kemudian ditanyakan sifat bayangan yang terjadi (lihat gambar berikut).
Atau juga dengan memperlihatkan data-data. Misalnya sebuah benda diletakkan 20 cm di depan cermin cekung yang jarak fokusnya 30 cm. Tentukan sifat bayangannya?
b. Menentukan kekuatan lensa yang diharapkan atau jenis cacat mata pada seseorang.
Misalnya ada seseorang yang sanggup melihat terperinci pada jarak 50 cm. Tentukan cacat mata yang dialami orang tersebut dan kekuatan lensa yang dibutuhkan?
Atau ada gambar mata (tentunya dalam bentuk skema), dengan bayangannya berada di depan atau di belakang retina. Ditanyakan cacat mata yang dialami.
6. Listrik dan Magnet
a. Listrik statis
Untuk bahan listrik statis, kita perlu mempelajari cara menciptakan benda bermuatan, contohnya beling yang digosok dengan kain sutra atau plastik yang digosok dengan kain wol.
Atau ada beberapa benda yang digantung dengan banyak sekali muatan. Diketahui salah satu muatan, kemudian ditanyakan muatan-muatan yang lain.
b. Rangkaian listrik
Dalam mengerjakan soal rangkaian, kita pahami dulu rangkaian seri atau paralel, aturan ohm maupun aturan Kirchoof. Bentuk soal yang muncul sanggup sebatas penerapan aturan I Kirchoof maupun sudah menggabungkan konsep rangkaian seri/paralel, aturan ohm maupun aturan Kirchoof.
c. Energi dan daya listrik
Kalau pada soal UN IPA Tahun 2014, yang ditanyakan yaitu mencari banyaknya energi selama 1 bulan.
Rumus dasar energi maupun daya juga harus dikuasai dengan baik.
Seperti kekerabatan :
Atau saat mencari kekerabatan antara daya P1 dan P2 dengan kendala R tetap, sehingga diperoleh :
Atau :
d. Pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan
Pada soal IPA Sekolah Menengah Pertama tahun 2014, soal yang dikeluarkan yaitu mengenai cara pembuatan magnet dengan kombinasi cara elektromagnet maupun induksi. Tentunya yang ditanyakan kutub-kutub magnet yang lain.
e. Induksi elektromagnetik atau transformator
Pada soal IPA Sekolah Menengah Pertama tahun 2014, soal yang dikeluarkan yaitu mencari salah satu variabel dari rumus transformator. Diketahui jumlah lilitan primer dan lilitan sekundernya, serta salah satu tegangannya, ditanyakan tegangan yang lain.
Ingat untuk transformator ideal, berlaku :
Untuk prediksi Ujian Nasional IPA Sekolah Menengah Pertama tahun 2015 ini, kita harus menyiapkan diri jikalau contohnya yang ditanyakan mengenai elektromagnetik. Misalnya cara meningkatkan besarnya ggl induksi.
Untuk transformator, selain sanggup menerapakan kekerabatan antara jumlah lilitan, tegangan dan berpengaruh arus, konsep dasar transformator juga harus dikuasai. Bagaimana ciri-ciri transformator step up maupun step down. Bentuk soalnya sanggup dalam bentuk tabel, yang berisi data mengenai jumlah jumlah lilitan/tegangan/kuat arus baik pada kumparan primer maupun sekundernya. Kemudian ditanyakan manakah yang termasuk transformator step up atau step down.
7. Ciri-ciri tata surya atau peredaran bumi – bulan
Pada UN IPA Sekolah Menengah Pertama tahun 2014 yang dikeluarkan yaitu mengenai akhir rotasi bumi. Untuk UN tahun 2015, mungkin juga yang dikeluarkan mengenai akhir revolusi bumi.
Tentunya banyak kemungkinan soal untuk tahun ini. Misalnya ciri-ciri planet tertentu maupun benda langit lainnya (komet, asteroid, meteorid, maupun satelit). Di samping itu, pelajari juga mengenai terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan, baik melalui deskripsi maupun skema/gambar. Sumber https://arsyadriyadi.blogspot.com/
EmoticonEmoticon