Thursday, May 17, 2018

Kepemimpinan Kepala Sekolah

Kepemimpinan Kepala Sekolah

 Kepemimpinan pembelajaran merupakan salah satu aspek kepemimpinan yang paling penting unt Kepemimpinan Kepala Sekolah
Kepemimpinan pembelajaran merupakan salah satu aspek kepemimpinan yang paling penting untuk dilakukan oleh seorang kepala sekolah.  Sebenarnya sudah banyak penelitian yang menandakan bahwa jikalau kepala sekolah melaksanakan kepemimpinan pembelajaran dengan baik maka prestasi berguru siswa akan maksimal.

Dengan kepemimpinan pembelajaran yang efektif maka proses berguru mengajar pun akan menjadi lebih aktif serta iklim pembelajaran pun menjadi lebih kondusif. Hal ini tentunya akan berimbas kepada output yang dihasilkan pun baik. Output yang dimaksud ini bukan melulu bidang akademik tapi juga non akademik. Demikian juga ranah yang disentuh pun meliputi pengetahuan, perilaku dan ketrampilan. "Tiada hasil yang menghianati proses" bukanlah sekedar kata-kata yang bau tetapi memang sesuai sekali. Pembelajaran yang efektif akan menghasilkan siswa yang optimal kemampuannya, baik di bidang akademik maupun non akademik.

Ironisnya, di antara apa yang dilakukan oleh kepala sekolah hanya 10 persen tindakan yang dilakukan terkait dengan kepemimpinan pembelajaran. Pernyataan ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Stronge (1988). Lemahnya kepemimpinan pembelajaran (instructional leader) ini sebab kurangnya pelatihan, kurangnya waktu untuk melaksanakan kepemimpinan pembelajaran, kesibukan menuntaskan manajemen dan adanya kesan bahwa kiprah utama dari kepala sekolah sebagai manajer.

Arti kepemimpinan pembelajaran
Kepemimpinan pembelajaran atau instructional leadership yaitu kepemimpinan yang memfokuskan pada pembelajaran. Komponen pembelajaran yang dimaksud meliputi kurikulum, proses berguru mengajar dan  asesmen (penilaian hasil belajar). Kepemimpinan pembelajaran juga memfokuskan pada penilaian serta pengembangan guru, layanan prima dalam pembelajaran, dan pembangunan komunitas berguru di sekolah.

Kurikulum di sini mencangkup pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang meliputi aktivitas perumusan visi, misi dan tujuan sekolah; pengembangan struktur dan muatan kurikulum serta pembuatan kalender akademik.

Proses berguru mengajar meliputi penyusunan silabus, pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pengembangan materi ajar, pemilihan buku pelajaran, pemilihan metode mengajar dan metode belajar, penggunaan media pembelajaran dan akomodasi berguru lainnya, pengelolaan kelas, dan permotivasian kelas.

Asesmen (evaluasi hasil belajar) meliputi aspek yang dievaluasi, metode evaluasi, dan pelaporan.

Aspek kepemimpinan pembelajaran yang lain menyerupai penilaian dan pengembangan guru, layanan prima dalam pembelajaran dan pembangunan insan pembelajar harus diperhatikan. Karena komponen-komponen kepemimpinan pembelajaran itu merupakan fondasi dasar dari impian terbangunnya sekolah.

Ibaratnya sebuah sekolah tanpa gedung sekalipun yang utama pembelajarannya harus jalan. Dan kalau boleh diringkas hanya membutuhkan 3 komponen utama :
- adanya siswa
- adanya guru
- adanya kurikulum (apa yang diajarkan)

Jadi, marilah kiprah kepemimpinan pembelajaran di sekolah jadikanlah yang utama dibanding dengan kegiatan-kegiatan kepemimpinan yang lain. Kalau memang sudah dibantu oleh waka/urusan kurikulum bukan berarti kepala sekolah berlepas tangan. Apakah yakin waka/urusan kurikulum tersebut menerapkan prinsip kepemimpinan bukan sebagai manajer atau pelaksana saja. Silahkan untuk direnungi.

Berikut ini file presentasi dalam bentuk powerpoint (ppt) mengenai Kepemimpinan Pembelajaran yang saya buat. Smoga bermanfaat dan dinantikan respon/tanggapan/kritik dan sarannya, Trims




Catatan : Template PowerPointnya saya dapatkan dari bonus beli buku Microsoft PowerPoint 2010 for Expert yang ditulis oleh Cristopher Lee

Sumber https://arsyadriyadi.blogspot.com/


EmoticonEmoticon