Thursday, September 14, 2017

Besaran Dan Bukan Besaran

 Besaran yang dimaksud mencakup besaran panjang Besaran dan Bukan Besaran

Dalam fisika dikenal 7 besaran pokok. Besaran yang dimaksud mencakup besaran panjang, massa, waktu, suhu, berpengaruh arus listrik, intensitas cahaya, dan jumlah zat. Ciri besaran tersebut pastilah ada alat pengukurnya. Otomatis yang namanya besaran niscaya terukur.

Sehingga jika ditemukan adanya ukuran-ukuran lain menyerupai kecantikan, kekayaan, kegantengan, kehalusan budi, kejujuran, kedisiplinan dianggap bukan besaran dalam fisika.

Seperti pada gambar  di samping. Apakah ukuran kecantikannya? Seperti Agnes Monica? Jenifer Lopez? Madonna? Marilyn Monroy? Atau siapapun. Berapa nilai kecantikannya? 10, 80, 100 atau berapa? Terus alat ukurnya apa?

Demikian juga dengan kekayaan. Apakah yang dimaksud orang kaya ialah orang yang mempunyai banyak rumah, banyak mobil-mobil mewah, punya apartemen di sana sini, dan sebagainya? Tentunya tidak ada alat ukurnya.

Hal ini berbeda dengan besaran dalam fisika, contohnya panjang. Panjang ini dapat ditunjukkan dengan satuan cm, m, dm,km, km, mil, bahkan tahun cahaya. Dan terang yang namanya 100 m ya segitu. 1 meter ya segini dan seterusnya. Alat ukurnya pun jelas. Bisa mistar/penggaris, jangka sorong, mikrometer sekrup dan lainnya.

Secara ringkas berikut ialah besaran dan satuan dalam fisika.
1. Panjang mempunyai satuan meter (m).
2. Massa mempunyai satuan kilogram (kg)
3. Waktu mempunyai satuan detik atau sekon (s)
4. Suhu mempunyai satuan kelvin (K)
5. Kuat arus listrik mempunyai satuan ampere (A)
6. Intensitas cahaya mempunyai satuan kandela (Cd)
7. Jumlah zat mempunyai satuan mol

Satuan yang dituliskan di atas dalam bentuk SI (Satuan Internasional) atau MKS (meter, kilogram, sekon). Selain ke-7 besaran di atas yang disebut sebagai besaran pokok, nanti akan dikenal juga istilah  besaran turunan. 

Besaran turunan ialah besaran yang diturunkan dari satuan besaran pokok. Misalnya luas yang didefinisikan sebagai panjang x lebar. Lebar juga termasuk panjang, yaitu panjang ke samping. Tetapi lebar dimasukkan ke dalam besaran panjang. Besaran panjang lain selain lebar, contohnya tinggi, kedalaman, jarak, jari-jari, diagonal dan sejenisnya juga masuk besaran panjang.
Sehingga luas = panjang x lebar diturunkan dari besaran panjang.

Pembahasan mengenai besaran turunan dapat dinantikan pada postingan selanjutnya. Selamat belajar. Salam sains.











Sumber gambar : 
http://www.akuratpost.com/wp-content/uploads/2015/09/Dapatkan-Kecantikan-Wajah.jpg


Sumber https://arsyadriyadi.blogspot.com/


EmoticonEmoticon