Monday, August 21, 2017

Pengertian Puisi (Artikel Lengkap)

Puisi ialah bentuk sastra yang mengungkapkan perasaan penyair dan disusun dengan memakai struktur bahasa, rima, irama, penghayatan, dan estetika. Puisi memakai bentuk dan memberikan perbedaan interpretasi terhadap kata-kata yang bertujuan membangkitkan respon emotif. Irama musik terkadang dipakai untuk mengiringi puisi. Demikian juga gaya bahasa menyerupai metafora, simile, dan metonimia. Dalam bahasa Inggris, “puisi” disebut poetry.

Baca juga: 17 Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Puisi

Puisi ialah bentuk sastra yang mengungkapkan perasaan penyair dan disusun dengan mengguna Pengertian Puisi (Artikel Lengkap)Bahasa Indonesia:

Puisi ialah nomina (kata benda) yang berarti:

  1. Ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan baik.
  2. Gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman hidup dan membangkitkan jawaban khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.
  3. Sajak.

3. Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Berikut ialah beberapa pengertian puisi berdasarkan para jago bahasa:

  1. Menurut Ralph Waldo Emerson, puisi ialah sebuah pengajaran sebanyak mungkin dengan kata-kata yang lebih sedikit.
  2. Menurut Edwin Arlington Robinson, Puisi ialah suatu bahasa yang memberikan sesuatu yang sukar hendak dinyatakan, tidak diperkirakan sama dan ada puisi yang benar atau sebaliknya.
  3. Menurut Dresden, puisi ialah sebuah dunia dalam kata yang merupakan cerminan pengalaman, pengetahuan, dan perasan penyair.
  4. Menurut Ratih Mihardja, Puisi ialah seni tertulis dimana bahasa dipakai untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya.
  5. Menurut Putu Arya Tirtawirya, puisi ialah ungkapan secara implisit dan samar, dengan makna yang tersirat, dimana kata-katanya condong pada makna konotatif.


Anda dapat request artikel apa saja melalui hedisasrawan@merahputih.id atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)


Sumber http://hedisasrawan.blogspot.com/


EmoticonEmoticon