1. Perhatikan gambar di samping. Berdasarkan gambar tersebut, virus mengalami siklus hidup . . .
dan tahapan 4, 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah
A. litik; adsorpsi, penetrasi, dan eklifase
B. lisogenik; adsorpsi, penetrasi, dan eklifase
C. litik; penetrasi, adsorpsi, dan eklifase
D. lisogenik; penetrasi, adsorpsi, dan eklifase
E. litik; penetrasi, injeksi, dan replikasi
2. Bakteri bisa mempertahankan diri pada lingkungan yang ekstrem dengan cara
A. bergerak ke habitatnya
B. mengubah bentuk tubuh
C. membentuk endospora
D. membentuk kapsul
E. membelah diri
3. Perhatikan ciri-ciri Protista menyerupai tumbuhan berikut.
(l) Uniseluler
(2) Multiseluler
(3) Habitat di bahari
(4) Bahan baku agar
(5) Bahan baku asam alginat
(6) Bahan baku isolator
Ciri-ciri yang dimiliki oleh Phaeophyta ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1), (3), dan (4)
B. (l), (3), dan (5)
C. (1), (3), dan (6)
D. (2), (3), dan (4)
E. (2), (3), dan (5)
4. Perhatikan gambar berikut.
Berdasarkan gambar tersebut, jamur yang dimanfaatkan untuk menciptakan antibiotik dan bisa menciptakan tempe secara berurutan ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)
5. Perhatikan gambar di samping.
Ketiga tumbuhan tersebut digolongkan ke dalam kelompok . . . alasannya ialah persamaan ciri yaitu . . . .
A. Gymnospermae; pertulangan daun berbentuk pita
B. Gymnospermae; biji tidak dilindungi oleh daging buah
C. Gymnospermae; biji dilindungi oleh daging buah
D. Angiospermae; adanya empulur sebagai jaringan pengisi
E. Angiospermae; biji tidak dilindungi oleh daging buah
A. litik; adsorpsi, penetrasi, dan eklifase
B. lisogenik; adsorpsi, penetrasi, dan eklifase
C. litik; penetrasi, adsorpsi, dan eklifase
D. lisogenik; penetrasi, adsorpsi, dan eklifase
E. litik; penetrasi, injeksi, dan replikasi
2. Bakteri bisa mempertahankan diri pada lingkungan yang ekstrem dengan cara
A. bergerak ke habitatnya
B. mengubah bentuk tubuh
C. membentuk endospora
D. membentuk kapsul
E. membelah diri
3. Perhatikan ciri-ciri Protista menyerupai tumbuhan berikut.
(l) Uniseluler
(2) Multiseluler
(3) Habitat di bahari
(4) Bahan baku agar
(5) Bahan baku asam alginat
(6) Bahan baku isolator
Ciri-ciri yang dimiliki oleh Phaeophyta ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1), (3), dan (4)
B. (l), (3), dan (5)
C. (1), (3), dan (6)
D. (2), (3), dan (4)
E. (2), (3), dan (5)
4. Perhatikan gambar berikut.
Berdasarkan gambar tersebut, jamur yang dimanfaatkan untuk menciptakan antibiotik dan bisa menciptakan tempe secara berurutan ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)
5. Perhatikan gambar di samping.
Ketiga tumbuhan tersebut digolongkan ke dalam kelompok . . . alasannya ialah persamaan ciri yaitu . . . .
A. Gymnospermae; pertulangan daun berbentuk pita
B. Gymnospermae; biji tidak dilindungi oleh daging buah
C. Gymnospermae; biji dilindungi oleh daging buah
D. Angiospermae; adanya empulur sebagai jaringan pengisi
E. Angiospermae; biji tidak dilindungi oleh daging buah
Berdasarkan gambar tersebut, proses yang terjadi pada X dan Y secara berurutan ialah . . . .
A. redia keluar dari inang; mirasidium mengalami reproduksi aseksual
B. sporosista mengalami reproduksi aseksual; serkaria keluar dari tubuh siput
C. redia keluar dari tubuh siput; sporosista mengalami reproduksi aseksual
D. serkaria mengalami reproduksi aseksual; sporosista keluar dari tubuh siput
E. mirasidium mengalami larvanisasi ; metacercaria keluar dari tubuh siput
7, Perhatikan gambar dibaah ini
Hewan di atas digolongkan ke dalam kelas yang sama,yaitu...karena
A. Amphibia; kulit berlendir dan poikiloterm
B. Amphibia; kulit berlendir dan homoioterm
C. Amphibia; kulit bersisik dan poikiloterm
D. Reptilia; kulit berlendir dan poikiloterm
E. Reptilia; kulit bersisik dan homoioterm
8. Peranan zooplankton dalam fatwa energi ekosistem bahari ialah . . . .
A. menghasilkan energi dari cahaya matahari
B. mengambil energi dari tingkat troflk I dan mengalirkannya ke tingkat trofik 2
C. memperoleh ehergi dari tingkat troflk 1 dan mengalirkannya ke tingkat trofik
D. sebagai mediator fatwa energi tingkat troflk 2 dan tingkat troflk 4
E. seba.'ri puncak fatwa energi dan mengembalikan energi ke tingkat trofik I
9. Perhatikan daur fosfor di bawah ini
Berdasarkan siklus fosfor tersebut, hal yang ditunjukkan oleh X dan Y ialah . .
A. air dan pengikisan
B. pengurai dan pengikisan
C. dekomposisi dan dekomposer
D. pembusukan dan karbon dioksida
E. fosfat organik dan oksigen
10. Perhatikan penggalan artikel berikut.
Penggunaan plastik berlebihan mengakibatkan peningkatan jumlah sampah anorganik plastik yang tinggi. Plastik sangat nonbiodegradable dan membtuhkan waktu hampir 100 sampai 500 untuk bisa terurai. Sampah plastik ini bisa sebagai polutan air tanah maupun udara. Plastik yang dilingkungan sering berupa kantong plastik terbuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut Etilena . Karena bahannya dari unrenewable resource maka SDA tersebut akan habis
Kesimpulan dari penggalan artikel tersebut berkaitan dengan kelestarian lingkungan ialah . . .
B. Penggunaan plastik harus digantikan dengan polimer etilen lainnya alasannya ialah plastik dibentuk dari SDA tak terbarukan.
C. Penggunaan plastik harus dikurangi mulai dari kini alasannya ialah plastik ialah polutan yang sulit terurai.
D. Tidak ada kaitan antara penggunaan plastik dengan kualitas lingkungan hidup sehingga plastik sanggup dipakai sesuai kemauan masing-masing individu.
E. Plastik harus segera digantikan dengan biomaterial nondegradable lain alasannya ialah plastik ialah polutan yang sangat berbahaya.
11. Berdasarkan gambar di bawah ini
Bagian yang berfungsi sebagai pengangkut unsur hara dan glukosa secara berurutan ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1dan2.
B. 1dan3
C. 2 dan3
D.3dan5
E. 4dan5
12. Perhatikan ciri-ciri jaringan binatang berikut. Sumber: cr.r.org
(1) Berbentuk silinder panjang (4) Memiliki banyak inti di tepi
(2) Berbentuk gelendong (5) Bekerja di luar kesadaran
(3) Memiliki satu inti yang terletak di tengah (6) Tidak gampang lelah
Ciri-ciri yang dimiliki oleh otot yang men).Lrsun organ pencemaan ditunjukkan oleh nomor . . .
A. (1), (2), (3), dan (4)
B. (l), (4), (5), dan (6)
C. (2), (3), (4), dan (5)
D. (2), (3), (5), dan (6)
E. (3), (4), (5), dan (6)
13. Perhatikan tabel pertumbuhan tumbuhan sejenis di daerah berbeda berikut.
Pemyataan yang sempurna berdasarkan data tabel tersebut ialah . . .
A. Cahaya menghambat kerja sitokinin sehingga terjadi dominansi apikal
B. Cahaya menghambat kerja auksin sehingga terjadi dominansi lateral
C. Cahaya merupakan faktor yang kurang signifikan dalam proses pertumbuhan tanaman
D. Cahaya mengakibatkan auksin terdenaturasi sehingga pertumbuhan primer terhambat
E. Cahaya mengakibatkan giberelin terdenaturasi sehingga tumbuhan menjadi kerdil
14. Perhatikan gambar di bawah ini
Berdasarkan gambar, kerja otot tersebut menunjukkangerak....
A. fleksi-ekstensi, humerus dan radius ulna bekerja secara sinergis I
B. fleksi-ekstensi, otot bisep dan trisep bekerja secara sinergis :
C. fleksi-ekstensi, otot bisep dan trisep bekerja secara antagonis
D. abduksi-adduksi, otot bisep dan trisep bekerja secara sinergis
E. abduksi-adduksi, otot bisep dan trisep bekerja secara antagonis
15. Apabila darah dalam tubuh kekurangan kalsium dan vitamin K, tahap pembekuan darah yang terganggu ialah pembentukan . . . .
A. fibrin
B. trombin
C. fibrinogen
D. protrombin
E. trombokinase
16. Di dalam darah pasien, ditemukan butir-butir darah merah yang berbentuk menyerupai bulan sabit. Berdasarkan ciri tersebut, pasien tersebut menderita . . . .
A. leukemia
B. hemofilia
C. talasemia
D. sickle cell
E,. eritroblastosis fetalis
SELAMAT MENGERJAKAN OK
TRY AGAIN
INI BUKUNON LINE UNTUK BELAJAR BIO SECARA DETAIL
17. Perhatikan gambar di samping.
Hubungan yang sempurna antara enztm dan fungsi dari organ tersebut ialah . . . .
A. Enzim enterokinase yang berfungsi mencerna peptida menjadi protein
B. Enzim renin yang berfungsi mengubah kasein menjadi kaseinogen
C. Enzim lipase yang berfungsi mencerra trigliserida menjadi asam lemak dan gliserol
D. Enzim tripsin yang berfungsi mengaktifkan kaseinogen menjadi kasein
E' Enzim pepsin yang berfungsi mencema protein menjadi proteosa dan pepton
18. Emfisema merupakan salah satu gangguan pada paru-paru yang dalam jangka panjang akan menyebabkan
A. penyempitan bronkus
B. gangguan pada proses ekspirasi dan inspirasi
C. gangguan pada proses pengikatan oksigen oleh darah
D. peningkatan tekanan darah
E. tidak terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida di alveolus
19. Apabila urine yang dikeluarkan oleh seseorang mengandung sel darah merah, orang tersebut diduga mengalami gangguan pada pecahan . . . dan mengalami penyakit . . . .
A. medula ginjal; albuminuria
B. korteks ginjal; hematuria
C. vesika urinaria: nefiitis
D. lengkung Henle; glikosuria
E. tubuh malpighi; hematuria
20. Perhatikan gambar indera pendengaran insan di bawah ini .
Berdasarkan gambar tersebut, pecahan yang ditunjukkan oleh X adalah. . . dan berfungsi . . . .
A. vestibula; sebagai alat keseimbangan
B. vestibula; meningkatkan tekanan udara
C. sanggurdi; mendapatkan gelombang suara
D. Eustachius; menghantarkan gelombang suara
E. Eustachius; menjaga keseimbangan tekanan udara luar dan telinga
21. Perhatikan gambar siklus menstruasi di samping.
Berdasarkan gambar tersebut, proses ovulasi ditunjukkan oleh nomor . . .
A. l, estrogen dan progesteron menghambat FSH sehingga hipofisis menghasil kan LH
B. 2, estrogen menghambat FSH sehingga hipofisis menghasilkan progesteron
C. 3, estrogen menghambat FSH sehingga hipofisis menghasilkan LH
D. 4, progesteron menghambat FSH sehingga hipofisis menghasilkan LH
E. 5, progesteron menghambat FSH sehingga hipoflsis menghasilkan LH
22. Perhatlkan gambar sel di bawah ini.
Hubungan yang sempurna antara nomor, organel,dan fungsinya adalah.... .
A. 1- Retikulum endoplasma - Respirasi selular
B. 1 - Nukleus - Pusat pengatur kegiatan sel
C. 2 - Sitoplasma- Menghasilkan enzim
D. 2 - Mitokondria - Sumber energi
E. 3 - Badan Golgi - Sintesis protein 23. Perhatikan gambar sel tumbuhan ini
Seorang siswa melaksanakan percobaan transportasi zat dengan sel tumbuhan dan memperoleh hasil sesuai dengan gambar tersebut mengalami jenis transportasi zat. . . dan berada pada larutan....
A. osmosis, hipertonis
B. osmosis; isotonis
C. osmosis; hipotonis
D. ditusi; hipotonis
E. difusi; hipertonis
24. Perhatlkan grafik hasil percobaan memakai enzim katalase di bawah
Kesimpulan yang sempurna berdasarkan grafik acara enzim katalase tersebut ialah . . .
A. Pada suhu 30oC, enzim katalase bekerja optimum.
B. Enzim katalase mengalami denaturasi pada suhu 40oC.
C. pH memengaruhi kerja enzim katalase.
D. Enzim katalase tetap aktif pada aneka macam suhu.
E. Enzim katalase bekerja optimum pada suhu 40oC.
25. Perhatikan skema rangkaian respirasi aerob di bawah ini
Berdasarkan skema tersebut, asam piruvat dan asam oksaloasetat secara berurutan difunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D: 2 dan 3
E. 3 dan 4
26. Mikroorganisme dan proses yang benar dalam proses pembuatan sake di Jepang adalah....
A. Saccharomyces cerevisicte dan fermentasi anaerob untuk mengubah glukosa menjadi etanol
B, Saccharomyces cerevisiae dan fermentasi aerob untuk mengubah glukosa menjadi aldehida
C. Saccharomyces cerevisiae dan fermentasi aerob untuk mengubah glukosa menjadi asam piruvat
D. Streptococcz.ts sp. dan fermentasi aerob untuk mengubah glukosa menjadi asam laktat
E. Streptocoiczs sp. dan fermentasi anaerob untuk mengubah glukosa menjadi etanol
27. Perhatlkan gambar di bawah ini
Nama dan tujuan dari percobaan tersebut adalah....
A. Percobaan Sachs; fotosintesis membutuhkan air
B. Percobaan Ingenhousz; fotosintesis menghasilkan amilum
C. Percobaan Ingenhousz; fotosintesis menghasilkan oksigen
D. Percobaan Engelmenn; fotosintesis dengan dukungan bakteri
E. Engelmenn; fotosintesis mengeluarkan karbon dioksida
28. Perhatikan skema di samping.
Berdasarkan skema tersebut, jumlah rangkaian nukleotida yang menyusun molekul DNA ialah dan apablla nomor 1 ialah guanin, pasangannya ialah .
A. 1; sitosin
B. 2; adenin
C..2; sitosin
D, 6, sitosin
E. 6: aclenin 29. Perhatikan tabel kodon dan gambar rantai DNA dibawah ini .
Apabila rantai DNA tersebut melaksanakan transkripsi, protein yang terbentuk mempunyai rangkaian asam amlno......
A. K-L-M N
B. K-M-N L
C. L-K-M-O
D. M-K-L-O
E. M-K-N-L
30. Perhatikan gambar dibawah ini
Berdasarkan gambar, jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel tersebut ialah . . ......dan reduksi terjadi pada nomor....
A. 2 pasang dan nomor I
B. 2 buah dan nomor 4
C. 4 buah dan nomor 3
D. 4 pasang dan nomor 2
E. 4 buah dan nomor 4
31. Perhatikan macam-macam proses bioteknologi berikut.
(1) Kloning
(2) Pembuatan nata decoco
(3) Biogas
(4) Pembuatan kecap
(5) Pembuatan yogbur
t(6) Pembuatan keju
(7) Pembuatan Protein Sel Tunggal
Berdasarkan data tersebut, pola aplikasi bioteknologi konvensional dengan memanfaatkan mikroorganisme dituniukkan oleh nomor . . . .
A. (1), (4), (5), dan (6)
B. .(2) (4). (5). dan (6)
C. (2) (5). (6). dan (7)
D. (3), (4), (6), dan (7)
E. (4), (5), (6), dan (7)
32. Bioteknologi merupakan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan rekayasa untuk penanganan dan pengolahan bahan. Prinsip dasar bioteknologi konvensional ialah . . . .
A. rekayasa genetika dan dukungan mikroorganisme
B. fermentasi dan dukungan mikroorganisme
C. manipulasi DNA dan dukungan mikroorganisme
D. fermentasi dan rekayasa genetika
E. manipulasi DNA dan fermentasi
33. Tanaman berbunga merah disilangkan dengan tumbuhan berbunga putih menghasilkan keturunan pertama yang semuanya berbunga merah muda. Jika F, mengadakan penyerbukan sendiri, perbandingan fenotipe merah muda : merah : putih pada Fr-nya ialah . . . .
A. 1:1:2
B. l:2:1
C. l:2:2
D.2:1: 1
E. 2: 1:2
34. Ayam berjengger rose (Rrpp) disilangkan dengan ayam berjengger peo (nPp) akan menghasilkan keturunan dengan rasio fenotipe walnut : rose : pea : single, yaitu . . . .
A. 1:1:1:1
B. 1:1:3:3
C.3:3:1:1
D.3:3:9:1
E,.9:3:3: 1 35. Seorang pria albino rhesus positif menikah dengan perempuan normal heterozigot rhesus positif. Kemungkinan persentase keturunan pasangan tersebut yang albino dan mempunyai rhesus negatif ialah . . . .
A. 0 %
B. 6,25 %
C. 12,% %
D. 18,75 %
E. 25%
36. Perhatikan kromosom berikut.
Jenis mutasi tersebut ialah . . . .
A. transisi
B. transversi
C. translokasi
D. inversi parasentris
E. inversi perisentris
37. Teori evolusi kimia menjelaskan bahwa . . . .
A. di atmosfer purba, terjadi reaksi-reaksi kimia dari energi sinar ultraviolet sehingga dihasilkan senyawa organik
B. di atmosfer purba. terjadi reaksi-reaksi kimia dari energi sinar ultraviolet sehingga dihasilkan senyawa anorganik
C. di daratan, terjadi reaksi-reaksi kimia dari energi sinar ultraviolet sehingga dihasilkan senyawa organik
D. di lautan, telah terjadi reaksi-reaksi kimia dari energi sinar ultraviolet sehingga dihasilkan senyawa organik
E. adanya "sop purba" yang memunculkan kehidupan gres di lautan
38. Pernyataan yang sempurna perihal evolusi berdasarkan Charles Darwin ialah . . .
A. Sifat individu diwariskan secara terus-menerus.
B. Jumlah populasi akan meningkat secara terus-menerus.
C. Bertambahnya populasi tidak berlangsung secara terus-menerus.
D. Proses evolusi akan terhenti pada masa tertentu.
E. Sifat pada populasi akan berubah sesuai dengan masanya.
39. Evolusi merupakan perubahan makhluk hidup ke bentuk yang lebih kompleks. Ada dua hal penting penyebab munculnya evolusi, yaitu . . . .
A. variasi dan mutasi
B. variasi dan seleksi alam
C. variasi dan rekombinasi
D. perkawinan dan rekombinasi
E. mutasi dan rekombinasi
40. Suatu populasi diketahui terdiri atas 4Yo penduduk albino. Apabila populasi tersebut terdiri atas
5.000 orang, jumlah penduduk yang bersifat normal heterozigot ialah . . orang.
A. 400
B. 800
C. 1.600
D. 3.200
E. 4.800SELAMAT MENGERJAKAN OK
TRY AGAIN
INI BUKUNON LINE UNTUK BELAJAR BIO SECARA DETAIL
- INTRODUCTION: THE NATURE OF SCIENCE AND BIOLOGY (REVISED 3/12/07)
- CHEMISTRY I: ATOMS AND MOLECULES (REVISED 3/12/07 )
- CHEMISTRY II: WATER AND ORGANIC MOLECULES (REVISED 3/12/07)
- CELLS I: ORIGINS (REVISED 3/12/07)
- CELLS II: CELLULAR ORGANIZATION (REVISED 3/12/07)
- TRANSPORT IN AND OUT OF CELLS (REVISED 3/12/07)
- CELL DIVISION: BINARY FISSION AND MITOSIS (REVISED 6/21/01)
- CELL DIVISION: MEIOSIS AND SEXUAL REPRODUCTION (REVISED 3/12/07)
- LAWS OF THERMODYNAMICS (REVISED 6/20/01)
- REACTIONS AND ENZYMES (REVISED 6/20/01)
- ATP AND BIOLOGICAL ENERGY (REVISED 3/12/07)
- CELLULAR METABOLISM AND FERMENTATION (REVISED 3/12/07)
- PHOTOSYNTHESIS (REVISED 6/24/01)
- INTRODUCTION TO GENETICS (REVISED 6/21/01)
- GENE INTERACTIONS (REVISED 6/21/01)
- DNA AND MOLECULAR GENETICS (REVISED 3/12/07)
- HUMAN GENETICS (REVISED 6/21/01)
- PROTEIN SYNTHESIS (REVISED 3/12/07)
- CONTROL OF GENE EXPRESSION (3/12/07)
- PLANTS AND THEIR STRUCTURE (REVISED 3/12/07)
- PLANTS AND THEIR STRUCTURE II (REVISED 3/12/07)
- FLOWERING PLANT REPRODUCTION: Flower Structure (REVISED 6/22/01)
- FLOWERING PLANT REPRODUCTION: Fertilization and Fruits (REVISED 6/22/01)
- PLANT HORMONES AND NUTRITION (REVISED 6/22/01)
- ANIMAL CELLS AND TISSUES (REVISED 3/12/07)
- ANIMAL ORGAN SYSTEMS AND HOMEOSTASIS (REVISED 3/12/07)
- THE INTEGUMENTARY SYSTEM (REVISED 6/21/01)
- THE CIRCULATORY SYSTEM (REVISED 3/12/07)
- LYMPHATIC SYSTEM AND IMMUNITY (REVISED 6/21/01)
- THE DIGESTIVE SYSTEM (REVISED 3/12/07)
- THE NERVOUS SYSTEM (REVISED 6/22/01)
- THE ENDOCRINE SYSTEM (REVISED 6/20/01)
- THE REPRODUCTIVE SYSTEM (REVISED 3/12/07)
- THE MUSCULAR AND SKELETAL SYSTEMS (REVISED 6/21/01)
- THE RESPIRATORY SYSTEM (REVISED 6/24/01)
- THE EXCRETORY SYSTEM (REVISED 6/21/01)
- DEVELOPMENT OF EVOLUTIONARY THEORY (REVISED 6/20/01)
- THE MODERN VIEW OF EVOLUTION (REVISED 8/8/01)
- PALEOBIOLOGY: FOSSILS AND TIME (NEW 9/27/01)
- PALEOBIOLOGY: THE PRECAMBRIAN: LIFE'S GENESIS AND SPREAD (NEW 9/27/01)
- PALEOBIOLOGY: THE EARLY PALEOZOIC (NEW 9/27/01)
- PALEOBIOLOGY: THE LATE PALEOZOIC (NEW 9/27 /01)
- PALEOBIOLOGY: THE MESOZOIC, AGE OF CYCADS AND DINOSAURS (NEW 9/27/01)
- BIOLOGICAL DIVERSITY: CLASSIFICATION (REVISED 6/20/01)
- BIOLOGICAL DIVERSITY: VIRUSES (REVISED 3/12/07)
- BIOLOGICAL DIVERSITY: BACTERIA AND ARCHAEANS (REVISED 3/12/07)
- BIOLOGICAL DIVERSITY: PROTISTS: STEM EUKARYOTES (REVISED 6/18/01)
- BIOLOGICAL DIVERSITY: FUNGI (REVISED 6/18/01)
- BIOLOGICAL DIVERSITY: NONVASCULAR PLANTS AND NONSEED VASCULAR PLANTS (REVISED 6/18/01)
- BIOLOGICAL DIVERSITY: SEED PLANTS (REVISED 6/18/01)
- BIOLOGICAL DIVERSITY: ANIMALS I (REVISED 6/18/01)
- BIOLOGICAL DIVERSITY: ANIMALS II (REVISED 6/18/01)
- BIOLOGICAL DIVERSITY: ANIMALS III (REVISED 6/18/01)
- HUMAN EVOLUTION (REVISED 6/21/01)
- POPULATION ECOLOGY (REVISED 6/22/01)
- COMMUNITY AND ECOSYSTEM DYNAMICS (REVISED 3/12/07)
- THE BIOSPHERE AND MASS EXTINCTIONS (REVISED 3/12/07)
- GLOSSARY (REVISED 8/8/01)
- DIVERSITY IN BIOLOGY (REVISED 12/5/01)
EmoticonEmoticon