Thursday, April 27, 2017

7 Fungsi Seni Rupa

Seni rupa ialah seni yang berwujud menyerupai keramik, gambar, lukisan, patung, hasil cetak, desain, fotografi, video, film, dan arsitektur. Banyak cabang seni yang melibatkan aspek seni rupa menyerupai seni pertunjukan dan seni konseptual. Seni rupa dibagi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa memadukan unsur titik, garis, bentuk, warna, pencahayaan, tekstur, dan volume dengan mengacu kepada estetika. Berikut ialah fungsi seni rupa. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Seni Rupa (Artikel Lengkap)

Seni rupa ialah seni yang berwujud menyerupai keramik 7 Fungsi Seni RupaSeni Rupa Nusantara (Artikel Lengkap)

  • Menyampaikan nilai-nilai budaya. Budaya sering menjadi materi pandangan gres dalam menciptakan karya seni rupa. Hal tersebut mencerminkan kecintaannya terhadap budaya asal penciptanya.
  • Sebagai alat bantu kehidupan sehari-hari. Seni rupa kerap dipakai pula sebagai alat bantu kehidupan sehari-hari. Ini termasuk ke dalam seni rupa terapan.
    Baca juga: Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan (Artikel Lengkap)
  • Sebagai sarana keagamaan. Karya seni rupa dipakai sebagai salah satu sarana upacara keagamaan. Peralatan upacara dihias sesuai dengan budaya setempat atau sesuai perintah agamanya.
  • Sebagai media untuk mengenang seseorang atau suatu peristiwa. Setelah terjadi suatu insiden bersejarah di suatu tempat, masyarakat disana niscaya akan menciptakan tugu peringatan insiden tersebut. Tugu tersebut biasanya mempunyai corak artistik yang sanggup dikategorikan sebagai seni rupa. Juga kalau ada orang yang dikenang atau berjasa bagi masyarakat disana, biasanya akan dibuatkan patung orang tersebut.

  • Sumber http://hedisasrawan.blogspot.com/


    EmoticonEmoticon