Thursday, January 5, 2017

12 Sistem Organ Pada Insan Dan Fungsinya

Sistem organ yaitu sekelompok organ yang bekerja sama untuk satu tujuan. Setiap sistem organ menjalankan suatu fungsi tubuh untuk menjaga semoga tubuh insan tetap hidup. Semua sistem organ tergolong vital alasannya yaitu kalau ada kerusakan atau berhenti berfungsinya salah satu sistem organ, maka sistem organ lain akan ikut terpengaruh bahkan sanggup hingga berujung pada kematian. Manusia mempunyai beberapa sistem organ. Berikut yaitu macam-macam sistem organ pada insan beserta fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Sistem organ yaitu sekelompok organ yang bekerja sama untuk satu tujuan 12 Sistem Organ pada Manusia dan FungsinyaSistem Pencernaan pada Manusia (Artikel Lengkap)

Sistem pencernaan yaitu sekumpulan organ terintegrasi yang memproses makanan, menguraikan zat yang terkandung pada makanan, dan menyerap sari-sari dan nutrisi masakan supaya masakan tersebut bermanfaat bagi tubuh. Sistem pencernaan pada insan terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus 12 jari, jejunum, ileum, usus besar, dan anus. Selain itu, ada beberapa organ tubuh lain yang berperan dalam sistem pencernaan yakni hati dan pankreas. Fungsi utama sistem pencernaan yaitu mencerna makanan. Berikut yaitu beberapa fungsi sistem pencernaan pada manusia:

  1. Memasukkan masakan ke dalam tubuh.
  2. Menghancurkan makanan.
  3. Memecah nutrisi pada masakan supaya gampang dicerna.
  4. Menyerap makanan.
  5. Membusukkan dan membuang sisa-sisa makanan.

2. Sistem Ekskresi pada Manusia

Selengkapnya: Sistem Ekskresi pada Manusia (Artikel Lengkap)

Sistem ekskresi yaitu sistem organ yang membuang cairan tubuh yang berlebih dan tidak mempunyai kegunaan sehingga mencegah tubuh dari keracunan atau kerusakan. Sistem ekskresi juga membuang zat sisa metabolisme. Sistem ekskresi pada insan terdiri dari ginjal, paru-paru, kulit, dan hati (liver). Berikut yaitu fungsi sistem ekskresi pada manusia:

  1. Membuang zat atau cairan yang tidak diharapkan tubuh.
  2. Membuat zat sisa metabolisme.
  3. Mencegah zat bermanfaat keluar dari tubuh.
  4. Mengendalikan konsentrasi zat dan cairan di dalam tubuh.
  5. Mengendalikan suhu tubuh (keringat pada kulit).

3. Sistem Pernapasan pada Manusia

Selengkapnya: Sistem Pernapasan pada Manusia (Artikel Lengkap)

Sistem pernapasan pada insan yaitu sistem organ yang mengatur proses respirasi manusia. Respirasi yaitu proses pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari luar dan dalam tubuh. Organ yang paling berperan dalam sistem pernapasan pada insan yaitu paru-paru. Namun selain itu, terdapat organ lain menyerupai hidung, tenggorokan, dan trakea. Berikut yaitu fungsi sistem pernapasan pada manusia:

  1. Membantu tubuh mendapat pasokan oksigen dari udara luar tubuh.
  2. Mengeluarkan zat sisa metabolisme berupa karbon dioksida dan uap air.
  3. Menyaring, mengatur suhu, dan melembabkan udara yang masuk.
  4. Mencegah penyakit dan benda gila masuk ke dalam tubuh melalui susukan pernapasan.

4. Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Selengkapnya: Sistem Peredaran Darah pada Manusia (Artikel Lengkap)

Sistem peredaran darah yaitu sistem organ yang menciptakan darah tetap bersirkulasi di dalam tubuh sehingga sanggup menjalankan fungsinya sebagai pengangkut nutrien, oksigen, karbon dioksida, hormon, melawan penyakit, mengatur suhu dan pH, dan mengatur homeostasis. Sistem peredaran darah pada insan terdiri dari darah, jantung, dan pembuluh darah (arteri, vena, dan kapiler). Berikut yaitu fungsi sistem peredaran darah pada manusia:

  1. Mengedarkan darah ke seluruh tubuh.
  2. Mengatur homeostasis.
  3. Menyebar panas tubuh supaya merata.
  4. Juga berfungsi sebagai kekebalan tubuh.

5. Sistem Rangka pada Manusia

Sistem gerak yaitu kerangka tubuh yang terdiri dari 300 tulang ketika lahir, dan 206 tulang ketika usia dewasa. Kerangka insan terdiri dari beberapa pecahan utama menyerupai tengkorak, tulang belakang, tulang dada dan tulang rusuk, tulang selangka, tulang belikat, tulang lengan, tulang tangan, dan tulang kaki. Sistem rangka mempunyai banyak fungsi lain tidak hanya sebagai kerangka tubuh manusia. Berikut yaitu beberapa fungsi sistem rangka pada manusia:

  1. Memberi proteksi ketika bergerak dan melaksanakan aktivitas.
  2. Memberikan bentuk tubuh.
  3. Melindungi organ-organ vital terutama pada tubuh dan kepala.
  4. Menyimpan banyak sekali macam mineral tubuh.
  5. Menopang berat tubuh tubuh.
  6. Memproduksi sel darah merah.

6. Sistem Saraf pada Manusia

Selengkapnya: Sistem Saraf pada Manusia (Artikel Lengkap)

Sistem saraf yaitu pecahan dari tubuh insan yang mengkoordinasi respon tubuh terhadap lingkungannya dan menawarkan sinyal kepada tubuh untuk bergerak. Seluruh sistem saraf pada insan dikendalikan di sistem saraf pusat yang berada pada otak manusia. Sistem saraf pusat mengatur respon gerak baik gerakan biasa maupun gerak refleks. Sistem saraf terdiri dari sel-sel saraf. Satu sel saraf terdiri dari beberapa pecahan menyerupai dendrit, tubuh sel, nukleus, neurit, selubung mielin, sel schwann, nodus ranvier, dan sinapsis. Berikut yaitu beberapa fungsi sistem saraf pada manusia:

  1. Menerima rangsangan dari panca indera.
  2. Menghantarkan rangsangan (impuls) ke sistem saraf pusat.
  3. Memberikan jawaban atas rangsangan tersebut.
  4. Mengendalikan gerakan tubuh sadar.
  5. Mencegah tubuh terkena ancaman (seperti panas dan benda tajam) dengan gerak refleks.

7. Sistem Endokrin pada Manusia

Sistem endokrin yaitu sekumpulan kelenjar organisme yang mensekresi hormon pribadi ke darah melalui sistem sirkulasi untuk dibawa menuju organ tujuan. Beberapa kelenjar pada sistem endokrin pada insan yaitu kelenjar pituitari, kelenjar pineal, pankreas, hipotalamus, kelenjar adrenal, testis, ovarium, kelenjar tiroid, dan kelenjar paratiroid. Berikut yaitu beberapa fungsi sistem endokrin pada manusia:

  1. Menghasilkan hormon dan mengedarkannya ke organ/jaringan tujuan melalui sistem peredaran darah.
  2. Merangsang acara tubuh
  3. Mengendalikan acara tubuh.
  4. Mengatur proses metabolisme
  5. Merangsang pertumbuhan jaringan

8. Sistem Imun pada Manusia

Selengkapnya: Sistem Imun pada Manusia (Artikel Lengkap)

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yaitu pusat sistem pertahanan tubuh yang melindungi tubuh dari penyakit. Organ penyusun sistem kekebalan tubuh pada insan yaitu sumsum tulang, kelenjar timus, limpa, kelenjar getah bening, adenoid, dan amandel. Sedangkan sel-sel yang berperan sebagai alat pertahanan tubuh yaitu sel-T, sel natural killer, sel-B, granulosit, makrofag, dan sel dendritik. Berikut yaitu beberapa fungsi sistem imun pada manusia:

  1. Melindungi tubuh dari bibit penyakit.
  2. Menghilangkan sel mati untuk regenerasi jaringan.
  3. Menghancurkan substansi gila pada tubuh.
  4. Menetralisir racun yang dikeluarkan mikroorganisme asing.

9. Sistem Reproduksi pada Manusia

Selengkapnya: Sistem Reproduksi pada Manusia (Artikel Lengkap)

Sistem reproduksi yaitu sistem fertilisasi internal oleh proses pertemuan antara organ kelamin laki-laki dan wanita. Tujuan utama sistem reproduksi yaitu untuk menghasilkan keturunan. Sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan berbeda. Sistem reproduksi pada laki-laki terdiri dari testis, epididimis, vas deferens, vesikula seminalis, kelenjar cowper, uretra, penis, dan skrotum. Sedangkan organ reproduksi pada perempuan terdiri dari ovarium, oviduk, tuba falopi, rahim, dan vagina. Fungsi sistem reproduksi pada insan adalah:

  1. Untuk berkembang biak.
  2. Sebagai daerah pertumbuhan janin bagi wanita.
  3. Menghasilkan sel kelamin laki-laki (sperma) atau perempuan (sel telur)

10. Sistem Indera pada Manusia

Sistem indera yaitu sistem akseptor rangsangan dari lingkungan sekitar. Sistem indera dipisahkan dengan sistem saraf alasannya yaitu sistem saraf merupakan sistem penghantar dan pemroses rangsangan. Manusia mempunyai lima indera (panca indra) yakni penglihatan (mata), pendengaran (telinga), perasaan (kulit), pengecap (lidah), dan penciuman (hidung). Berikut yaitu fungsi sistem indera pada manusia:

  1. Mengenali lingkungan sekitar.
  2. Mencegah tubuh dari bahaya.
  3. Membantu berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
  4. Membantu alat tubuh lain. Seperti pengecap membantu menelan dan kulit membantu mengarahkan gerakan manusia.

11. Sistem Otot pada Manusia

Sistem otot yaitu sistem penggagas tulang dan organ tubuh. Otot dikendalikan otak melalui sistem saraf, baik secara sadar maupun tak sadar. Jika sistem indera merupakan akseptor rangsangan dan otak pemroses rangsangan, maka sistem otot merupakan efektor atau pelaksana respon dari rangsangan tersebut. Otot terdiri dari sel-sel otot. Macam-macam sel otot mencakup otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Berikut yaitu fungsi sistem otot pada manusia:

  1. Sebagai pelaksana respon dari suatu rangsangan.
  2. Bergerak dengan menggerakkan tulang.
  3. Membantu organ lain menjalankan tugasnya.
  4. Membentuk postur tubuh.

12. Sistem Integumen pada Manusia

Sistem integumen yaitu sistem organ yang melindungi tubuh dari banyak sekali macam kerusakan menyerupai kehilangan cairan atau erosi dari luar. Sistem integumen pada insan terdiri dari kulit dan tambahannya (termasuk rambut dan kuku). Berikut fungsi sistem integumen pada manusia:

  1. Bekerja sebagai anti air.
  2. Melindungi jaringan di dalamnya.
  3. Mengekskresi zat buangan.
  4. Mengatur suhu tubuh.
  5. Menyimpan air dan lemak.
  6. Sebagai daerah melekat reseptor saraf untuk mendeteksi sakit, rabaan, tekanan, dan suhu.
  7. Melakukan sintesis vitamin D.


Referensi:

  1. Organ Penyusun Sistem Peredaran Darah (https://paketmateriku.blogspot.com//search?q=sistem-pencernaan-pada-manusia-materi_25)
  2. Sistem Rangka Pada Manusia (https://paketmateriku.blogspot.com//search?q=sistem-pencernaan-pada-manusia-materi_25)
  3. Sistem Indera Manusia (https://paketmateriku.blogspot.com//search?q=sistem-pencernaan-pada-manusia-materi_25)
  4. ANATOMI DAN FISIOLOGI SISTEM INTEGUMEN (https://milatakum.wordpress.com/2015/12/22/anatomi-dan-fisiologi-sistem-integumen/)


Anda sanggup request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)


Sumber http://hedisasrawan.blogspot.com/


EmoticonEmoticon