Thursday, September 1, 2016

2 Gambar Pemikiran Darah Pada Insan (Beserta Penjelasan)

Darah ialah cairan di dalam badan yang mengangkut substansi penting menyerupai nutrien dan oksigen ke sel dan mengangkut limbah metabolisme yang berasal dari sel yang sama. Pada manusia, darah terdiri dari sel darah (trombosit, leukosit, dan eritrosit) dan plasma darah.
Bagian dari: Sistem Peredaran Darah pada Manusia (Artikel Lengkap)
 Darah ialah cairan di dalam badan yang mengangkut substansi  penting menyerupai nutrien dan 2 Gambar Aliran Darah pada Manusia (Beserta Penjelasan)
Darah pada insan mengalir di dalam pembuluh darah dan diedarkan dengan proteksi jantung. Jantung memompa darah ke paru-paru untuk melepas sisa metabolisme dan mengambil oksigen, kemudian kembali ke jantung untuk dipompa ke seluruh tubuh. Sistem peredaran darah menyerupai ini disebut sistem peredaran darah tertutup. Berikut ialah 2 gambar aliran darah pada insan lengkap dengan penjelasannya. Langsung saja kita simak yang pertama:

 Darah ialah cairan di dalam badan yang mengangkut substansi  penting menyerupai nutrien dan 2 Gambar Aliran Darah pada Manusia (Beserta Penjelasan)

Gambar di atas ialah alur bagaimana darah mengalir ke seluruh tubuh. Diawali dari jantung yang memompa darah ke paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme dan menyerap oksigen. Setelah itu kembali ke jantung memompa darah ke seluruh organ/sel badan melalui arteri.

Disana terlihat hati (liver) mempunyai spesialisasi, yakni mendapatkan darah tidak hanya dari arteri hepar, tetapi juga dari vena porta hepar. Vena porta ialah vena yang berasal dari usus. Fungsi vena porta ialah membawa sari-sari masakan yang diserap di usus untuk diolah di hati.

Setelah oksigen dan sari-sari masakan dikirim ke seluruh sel badan dan terjadi proses metabolisme, maka limbah metabolisme menyerupai karbon dioksida dan air di keluarkan oleh sistem ekskresi pada manusia seperti paru-paru, ginjal, hati, dan kulit.

 Darah ialah cairan di dalam badan yang mengangkut substansi  penting menyerupai nutrien dan 2 Gambar Aliran Darah pada Manusia (Beserta Penjelasan)

Gambar kedua di atas aku anggap sebagai “peta buta” sistem peredaran darah pada manusia. Gambar ini cukup berkhasiat dalam pembelajaran. Tanda panah berwarna hitam ialah darah yang mengandung karbon dioksida, sedangkan tanda panah berwarna biru ialah darah yang mengandung oksigen. Berikut ialah klarifikasi nomor-nomornya:
  1. Serambi kanan ialah bab pojok kanan (jika dilihat dari belakang tubuh) atas jantung yang mendapatkan darah dari seluruh badan kemudian memompanya ke bilik kanan.
  2. Serambi kiri ialah bab pojok kiri atas jantung yang mendapatkan darah dari paru-paru kemudian memompanya ke bilik kiri.
  3. Bilik kanan adalah bab pojok kanan bawah jantung yang mendapatkan darah dari serambi kanan kemudian memompanya ke paru-paru.
  4. Bilik kiri ialah bab pojok kiri bawah jantung yang mendapatkan darah dari serambi kiri kemudian memompanya ke seluruh tubuh.
  5. Vena (pembuluh balik) ialah pembuluh yang mengalirkan darah menuju jantung.
  6. Arteri (pembuluh nadi) ialah pembuluh darah berotot yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.
  7. Tubuh ialah keseluruhan bab badan di bawah jantung.
  8. Paru-paru ialah organ utama pada sistem pernapasan pada manusia yang melepaskan karbon dioksida dan air (dalam bentuk uap) dan menyerap oksigen yang diharapkan dalam proses metabolisme.
  9. Kepala dan tangan (bagian atas jantung kecuali paru-paru)
  10. Arteri pulmonalis ialah pembuluh darah yang membawah darah yang kurang oksigen dan kaya karbon dioksida dari ventrikel kanan jantung.
  11. Vena pulmonalis (vena paru-paru) ialah pembuluh darah yang banyak mengandung oksigen dari paru-paru menuju ke atrium (serambi) kiri jantung.
  12. Aorta ialah arteri terbesar dalam badan yang muncul dari bilik kiri.


Referensi:
  1. Alat -alat Peredaran Darah Manusia - Pembuluh Darah (https://belajar.kemdikbud.go.id/SumberBelajar/tampilajar.php?ver=12&idmateri=46&lvl1=3&lvl2=2&lvl3=0&kl=8)
  2. Pembuluh Nadi(Arteri) (https://paketmateriku.blogspot.com//search?q=sel-artikel-lengkap-biologi)



Anda sanggup request artikel wacana apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat kolom komentar :)
Sumber http://hedisasrawan.blogspot.com/


EmoticonEmoticon