Monday, August 15, 2016

Mengajarkan Sandi Dalam Pramuka

Mengajarkan sandi dalam pramuka merupakan pengalaman pertama aku selama menjadi guru. Dalam aktivitas persami yang dilaksanakan pada Sabtu - Minggu, 13 - 14 Agustus 2016 dipercaya mengisi bahan sandi. Seingat aku dalam pramuka banyak sekali sandi-sandi. Dari sandi yang sederhana hingga sandi yang kompleks. Kalau aku sendiri hingga kini masih kesulitan ketika menghadapi sandi morse dan sandi semaphore.

Sebelum mengajarkan sandi aku jelaskan terlebih dulu apa yang dimaksud sandi dan bagaimana sejarah adanya sandi. Sandi yang terang yaitu sesuatu yang rahasia. Cukup dimengerti oleh yang menciptakan atau yang mendapatkan pesan. Contoh sandi facebook, PIN ATM, teladan ketika buka HP termasuk kategori sandi dalam bentuk kata sandi (password). Tentunya juga pesan diam-diam yang hanya sanggup diketahui oleh pengirim dan akseptor pesan. Misalnya, ketika perang dulu. Tidak sanggup dong semua surat/memo/pesan dituliskan apa adanya. Wah sanggup tertangkap tangan musuh dong.

Dalam sejarahnya dulu, untuk menuliskan pesan diam-diam prosesnya memakan waktu usang dan cukup ribet. Sebuah pesan ditulis/dilukis pada kulit kepala. Mula-mula kepalanya dicukur gundul, kemudia ditulislah pesan tersebut. Kemudian dinantikan hingga kepala tersebut rambutnya tumbuh kembali. Setelah rambut badan dan menutupi pesan tersebut lalu orang itu dikirim. Nah ketika sudah hingga tujuan, rambut kepala dicukur lagi semoga sanggup terlihat pesan diam-diam tersebut. Kalau di film-film juga sering ditemukan lukisan/pesan diam-diam yang ditato kan pada badan bukan? Gambar-gambar yang ditatokan ternyata bukan sekedar gambar tetapi mengandung arti tertentu.

Jenis-jenis sandi yang aku ajarkan ada sekitar 11 jenis. Dari yang paling gampang terlebih dahulu :
1. Sandi Abjad
2. Sandi Angka
3. Sandi Napoleon
4. Sandi Kotak
5. Sandi Huruf Berjasa
6. Sandi Koordinat
7. Sandi Datar
8. Sandi Nama Barang/Gambar
9. Sandi AND
10. Sandi Siput
11. Sandi Matematik (Penerapan Semaphore)

Sayang sandi morse belum diajarkan. Dalam durasi 60 menit targetnya sanggup mengenal dan memahami banyak sekali bentuk sandi, minimal 9 sandi yang aku berikan.

Meskipun demikian, sesudah diuji (dalam aktivitas widegame), gres sekitar 5 sandi yang sanggup dikuasai dengan baik dari 13 regu peserta persami. Ya..lumayan. Apalagi pos sandi diletakkan pada Pos V (hampir terakhir), dikala sudah begitu lelah alasannya yaitu medan yang tidak mengecewakan berat plus matahari yang terik di perbukitan sekitar sekolah.

Detail sandinya sanggup dinantikan pada postingan berikutnya atau pribadi saja google. Yang terang asyik loh mencar ilmu mengenai sandi.



Sumber https://arsyadriyadi.blogspot.com/


EmoticonEmoticon