Pengertian Dan Karakteristik Bahan Ajar. Bahan didik yang baik dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip instruksional. Seorang Guru sanggup menulis sendiri materi didik yang ingin dipakai dalam acara berguru mengajar. Akan tetapi guru juga sanggup memanfaatkan buku teks atau materi dan informasi lainnya yang sudah ada di pasaran untuk dikemas kembali atau ditata sedemikian rupa sehingga sanggup menjadi materi ajar. Bahan didik biasanya dilengkapi dengan pedoman untuk siswa dan guru. Pedoman mempunyai kegunaan untuk mempermudah siswa dan guru mempergunakan materi ajar.
Bahan atau materi pembelajaran intinya yakni “isi” dari kurikulum, yakni berupa mata pelajaran atau bidang studi dengan topik/subtopik dan rinciannya.
Melihat klarifikasi di atas, sanggup kita ketahui bahwa tugas seorang guru dalam merancang ataupun menyusun materi didik sangatlah memilih keberhasilan proses berguru dan pembelajaran melalui sebuah materi ajar. Bahan didik sanggup juga diartikan sebagai segala bentuk materi yang disusun secara sistematis yang memungkinkan siswa sanggup berguru secara berdikari dan dirancang sesuai kurikulum yang berlaku. Dengan adanya materi ajar, guru akan lebih runtut dalam mengajarkan materi kepada siswa dan tercapai semua kompetensi yang telah ditentukan sebelumnya.
Sumber http://seputarpengertian.blogspot.comDefinisi / Pengertian Bahan Ajar
Bahan didik yakni seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya. Pengertian ini menjelaskan bahwa suatu materi didik haruslah dirancang dan ditulis dengan kaidah intruksional alasannya yakni akan dipakai oleh guru untuk membantu dan menunjang proses pembelajaran.Bahan atau materi pembelajaran intinya yakni “isi” dari kurikulum, yakni berupa mata pelajaran atau bidang studi dengan topik/subtopik dan rinciannya.
Melihat klarifikasi di atas, sanggup kita ketahui bahwa tugas seorang guru dalam merancang ataupun menyusun materi didik sangatlah memilih keberhasilan proses berguru dan pembelajaran melalui sebuah materi ajar. Bahan didik sanggup juga diartikan sebagai segala bentuk materi yang disusun secara sistematis yang memungkinkan siswa sanggup berguru secara berdikari dan dirancang sesuai kurikulum yang berlaku. Dengan adanya materi ajar, guru akan lebih runtut dalam mengajarkan materi kepada siswa dan tercapai semua kompetensi yang telah ditentukan sebelumnya.
Karakteristik Bahan Ajar
Sesuai dengan penulisan modul yang dikeluarkan oleh Direktorat Guruan Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2003, materi didik mempunyai beberapa karakteristik, yaitu self instructional, self contained, stand alone, adaptive, dan user friendly.- Self instructional yaitu materi didik sanggup menciptakan siswa bisa membelajarkan diri sendiri dengan materi didik yang dikembangkan. Untuk memenuhi abjad self instructional, maka di dalam materi didik harus terdapat tujuan yang dirumuskan dengan jelas, baik tujuan tamat maupun tujuan antara. Selain itu, dengan materi didik akan memudahkan siswa berguru secara tuntas dengan menawarkan materi pembelajaran yang dikemas ke dalam unit-unit atau acara yang lebih spesifik.
- Self contained yaitu seluruh materi pelajaran dari satu unit kompetensi atau subkompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu materi didik secara utuh. Makara sebuah materi didik haruslah memuat seluruh bagian-bagiannya dalam satu buku secara utuh untuk memudahkan pembaca mempelajari materi didik tersebut.
- Stand alone (berdiri sendiri) yaitu materi didik yang dikembangkan tidak tergantung pada materi didik lain atau tidak harus dipakai bantu-membantu dengan materi didik lain. Artinya sebuah materi didik sanggup dipakai sendiri tanpa bergantung dengan materi didik lain.
- Adaptive yaitu materi didik hendaknya mempunyai daya adaptif yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi. Bahan didik harus memuat materi-materi yang sekiranya sanggup menambah pengetahuan pembaca terkait perkembangan zaman atau lebih khususnya perkembangan ilmu dan teknologi.
- User friendly yaitu setiap intruksi dan paparan informasi yang tampil bersifat membantu dan dekat dengan pemakainya, termasuk fasilitas pemakai dalam merespon dan mengakses sesuai dengan keinginan. Makara materi didik selayaknya hadir untuk memudahkan pembaca untuk menerima informasi dengan sejelas-jelasnya.
EmoticonEmoticon