Tuesday, February 16, 2016

7 Imbas Teknologi Bagi Lingkungan

Teknologi telah mengubah insan dan dunia. Dengan teknologi, semuanya akan terasa lebih mudah. Namun, teknologi telah menciptakan insan menjadi ketergantungan akan teknologi. Bisa dibayangkan kalau salah satu teknologi mendadak tidak ada ibarat internet, dunia niscaya akan gaduh. Berikut ialah beberapa dampak teknologi bagi lingkungan. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Pengaruh Teknologi Terhadap Lingkungan
 Teknologi telah mengubah insan dan dunia 7 Dampak Teknologi Bagi Lingkungan

1. Pencemaran Lingkungan Meningkat

Limbah hasil dari pemanfaatan teknologi biasanya eksklusif dibuang ke sungai atau ke tanah. Jika tidak diolah dengan baik, maka akan berdampak pada pencemaran lingkungan. Saat ini semuanya sudah tercemar, ibarat udara, air, dan tanah. Jika semuanya demikian, maka tidak ada lagi daerah yang layak bagi manusia.

2. Lingkungan Akan Semakin Tertata dan Rapi

Di negara maju, lingkungan sangat diperhatikan. Beberapa akan dibiarkan ibarat aslinya. Sedangkan yang lainnya ditata rapi sampai menjadi taman yang hijau, indah, dan asri. Sungai juga ditata supaya higienis dan jernih.

3. Sampah Mencemari Lingkungan

Di beberapa negara berkembang seperti Indonesia, semua daerah dianggap daerah sampah sehingga banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Hal itu menciptakan sampah menjadi hal yang paling mengotori lingkungan. Hutan penuh sampah, gunung penuh sampah, sungai penuh sampah, jalanan penuh sampah, taman dan daerah wisata penuh sampah, bahkan daerah suci pun tidak kalah banyak sampah yang berserakan.

4. Lingkungan Akan Dimanfaatkan oleh Manusia

Dengan teknologi, lingkungan sanggup dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Misalnya anutan sungai yang deras akan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air. Hutan juga akan diambil kayunya untuk pembangunan dan tentu saja harus disertai dengan reboisasi dan teknik tebas pilih supaya kelestarian hutan tetap terjaga.

5. Teknologi Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan

Baca juga: Kerusakan Lingkungan Akibat Konsumsi Barang
Pemanfaatan teknologi yang baik sanggup mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Misalnya kita lebih baik membeli buku digital dibandingkan membeli buku fisik. Selain harganya lebih murah dan lebih ekonomis tempat, kita juga berkontribusi mengurangi penebangan pohon untuk materi baku kertas.

6. Teknologi sanggup Merusak Lingkungan Secara Permanen

Dampak ini sangat berbahaya sebab tidak sanggup diperbaiki lagi atau membutuhkan waktu yang sangat usang untuk memperbaikinya. Misalnya reaktor nuklir yang rusak atau penambangan yang tidak memperhatikan dampak lingkungan.

7. Penggunaan Teknologi Secara Keseluruhan Menimbulkan Dampak Besar Secara Tidak Disadari

Secara keseluruhan, penggunaan teknologi sanggup mengakibatkan dampak yang tidak disadari secara langsung, yaitu pemanasan global. Pemanasan global menimbulkan peningkatan air bahari yang berdampak pada pengurangan luas daratan dan kerusakan pada pantai. Iklim juga akan berubah sebab pemanasan global.



Anda sanggup request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)
Sumber http://hedisasrawan.blogspot.com/


EmoticonEmoticon