Monday, December 7, 2015

Gerak Satu Dimensi (Artikel Lengkap)

Gerak 1 dimensi yaitu gerak suatu objek yang terjadi disepanjang garis lurus. Pemahaman akan kinematika gerak sanggup membantu memahami gerak satu dimensi. Gerak satu dimensi terdiri dari dua titik yaitu titik awal dan titik akhir. Terdapat jarak diantara titik awal dan titik simpulan serta waktu tempuh dari titik awal ke titik akhir. Selain gerak satu dimensi, terdapat pula gerak 2 dimensi (gerak melingkar dan gerak parabola), dan gerak 3 dimensi (gerak di dalam ruang). Objek yang bergerak disebut partikel walaupun objek tersebut yaitu Bumi.

 dimensi yaitu gerak suatu objek yang terjadi disepanjang garis lurus Gerak Satu Dimensi (Artikel Lengkap)Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) (Artikel Lengkap)

Suatu gerak satu dimensi juga sanggup mengalami percepatan konstan. Misalnya ketika benda dijatuhkan dari ketinggian tertentu (dengan perkiraan tidak ada gaya gesek dengan udara atau di ruang hampa). Misalnya ketika benda dijatuhkan di bumi, maka pergerakannya akan mengalami percepatan konstan yaitu setara percepatan gravitasi bumi (9,81 m/s2).

Berikut yaitu rumus untuk mencari kecepatan benda dalam waktu tertentu:

 dimensi yaitu gerak suatu objek yang terjadi disepanjang garis lurus Gerak Satu Dimensi (Artikel Lengkap)Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Delivered by FeedBurner


EmoticonEmoticon