Wednesday, November 18, 2015

Aliran Naturalisme (Seni Rupa) (Artikel Lengkap)

Aliran naturalisme atau realisme dalam seni rupa ialah seni yang mementingkan kejujuran terhadap subjek tanpa memakai imajinasi. Sama halnya dengan fotografi naturalisme yang tanpa melalui proses editan. Dalam pedoman ini tidak diakui adanya unsur tidak masuk akal, eksotisme, dan supranatural.

Beberapa sumber menyampaikan bahwa pedoman naturalisme dan realisme mempunyai sedikit perbedaan, yaitu pedoman naturalisme sedikit ditambahkan variasi semoga lebih indah.

Aliran naturalisme telah lazim dipakai dalam seni semenjak lama. Dalam seni visual, naturalisme ialah penggambaran yang akurat dari kehidupan, perspektif, cahaya, dan pewarnaan. Karya seni pedoman ini juga sanggup menekankan kejelekan dan kekotoran ibarat realisme sosial atau regionalisme.

Baca juga: 10 Jenis Aliran Lukisan Beserta Biografi Pelukis Luar Negeri
 ialah seni yang mementingkan kejujuran terhadap subjek tanpa memakai imajinasi Aliran Naturalisme (Seni Rupa) (Artikel Lengkap)8 Tokoh Pelukis Aliran Naturalisme

Salah satu tokoh pedoman naturalisme ialah William Bliss Baker, seorang perupa asal Amerika Serikat. Ia menganggap bahwa lukisan pemandangan ialah lukisan terbaik dari pedoman ini. Ia juga seringkali menekankan pada apa yang ditimbulkan insan terhadap alam.

Salah satu tokoh pedoman naturalisme di Indonesia ialah Basuki Abdullah, Raden Saleh, dan Choirum Sholeh. Basuki Abdullah pernah melukis seorang perawan desa dengan pakaian lusuh yang justru tampak ibarat bidadari.

2. Perkembangan Aliran Naturalisme

Aliran naturalisme dimulai pada tahun 1850-an di Perancis sebagai reaksi atas kemapanan para pengikut pedoman romantisme. Perkembangan pedoman ini semakin pesat seiring dengan perkembangan teknologi visual dan pengukuran. Salah satu misalnya ialah penggambaran anatomi insan dan binatang yang semakin akurat. Perkembangan perspektif jarak jauh juga semakin pesat. Sejak kurun ke-17, penggambaran kondisi cuaca dan pencahayaan semakin halus dan nyata.

3. Ciri-Ciri Aliran Naturalisme

Berikut ialah beberapa ciri pedoman naturalisme/realisme:

  1. Susunan perbandungan, perspektif, tekstur, pewarnaan, dan pencahayaan dibentuk seteliti dan seakurat mungkin.
  2. Objek lukisan ialah kenyataan pada alam.
  3. Sebagian besar bertemakan pemandangan alam.
  4. Terdapat gradasi warna.


Referensi:

  1. Realism (arts) (https://paketmateriku.blogspot.com//search?q=seni-rupa-artikel-lengkap)
  2. 8 Tokoh Pelukis Aliran Naturalisme (https://paketmateriku.blogspot.com//search?q=seni-rupa-artikel-lengkap)
  3. PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS ALIRAN SENI LUKIS (https://paketmateriku.blogspot.com//search?q=seni-rupa-artikel-lengkap?en)


Anda sanggup request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat kolom komentar :)


Sumber http://hedisasrawan.blogspot.com/


EmoticonEmoticon