Bukan hanya perpustakaan yang menjadi “jantung” sekolah. Laboratorium IPA juga harus bisa menjadi jantung sekolah, khususnya “jantung” pelajaran IPA,
Apa yang harus didapatkan oleh penerima didik, bukan hanya mencapai kompetensi pengetahuan semata, tetapi juga ketrampilan dan sikap. Untuk mencapai ketiga kompetensi tersebut, laboratorium menjadi alternatif yang sangat baik.
Di masa mendatang laboratorim keinginan saya, yaitu bisa menjadi laoratorium yang bisa menawarkan banyak sekali pelayanan, yaitu :
1. Kegiatan praktikum bagi seluruh siswa
2. Kegiatan penelitian bagi siswa
3. Kegiatan penelitian di luar siswa (alumni, siswa sma, mahasiswa, umum)
4. Melayani riset berbasis lab, perpustakaan, maupun internet
Berikut yaitu rencana/roadmad yang telah dibentuk :
Sebagai citra awal, pada dikala mendatang laboratorium IPA, mempunyai sarana dan prasarana sebagai berikut:
1. Ruang AC yang dilengkapi LCD, Soundsytem dan tata cahaya yang baik
2. Adanya komputer/laptop/tablet yang terhubung ke internet
3. Referensi yang lengkap, terkait dengan sains, riset, perkembangan teknologi dalam buku cetak maupun dalam bentuk digital (animasi, simulasi, video, game edukasi dan lain-lain)
4. Majalah dinding (mading) baik dalam model klasik maupun digital.
5. Pengembangan Blog/Website/Portal Berbasis Sains
Terakhir, terkait dengan tuntutan perkembangan teknologi warta dan komunikasi, laboratorium IPA juga mampu menyediakan sumber-sumber materi bimbing dalam bentuk digital :
Sumber : Laporan OJL Penulis Sumber https://arsyadriyadi.blogspot.com/
Apa yang harus didapatkan oleh penerima didik, bukan hanya mencapai kompetensi pengetahuan semata, tetapi juga ketrampilan dan sikap. Untuk mencapai ketiga kompetensi tersebut, laboratorium menjadi alternatif yang sangat baik.
Di masa mendatang laboratorim keinginan saya, yaitu bisa menjadi laoratorium yang bisa menawarkan banyak sekali pelayanan, yaitu :
1. Kegiatan praktikum bagi seluruh siswa
2. Kegiatan penelitian bagi siswa
3. Kegiatan penelitian di luar siswa (alumni, siswa sma, mahasiswa, umum)
4. Melayani riset berbasis lab, perpustakaan, maupun internet
Berikut yaitu rencana/roadmad yang telah dibentuk :
Road Map Pengembangan Laboratorium IPA |
Sebagai citra awal, pada dikala mendatang laboratorium IPA, mempunyai sarana dan prasarana sebagai berikut:
1. Ruang AC yang dilengkapi LCD, Soundsytem dan tata cahaya yang baik
2. Adanya komputer/laptop/tablet yang terhubung ke internet
3. Referensi yang lengkap, terkait dengan sains, riset, perkembangan teknologi dalam buku cetak maupun dalam bentuk digital (animasi, simulasi, video, game edukasi dan lain-lain)
4. Majalah dinding (mading) baik dalam model klasik maupun digital.
5. Pengembangan Blog/Website/Portal Berbasis Sains
Terakhir, terkait dengan tuntutan perkembangan teknologi warta dan komunikasi, laboratorium IPA juga mampu menyediakan sumber-sumber materi bimbing dalam bentuk digital :
1. Presentasi Pembelajaran Interaktif untuk menunjang acara mencar ilmu guru.
2. Multimedia Pembelajaran Interaktif yang sanggup dipakai sebagai materi bimbing yang sanggup dipelajari secara berdikari oleh siswa.
3. Berbagai ensiklopedi dalam bentuk digital
4. Produk-produk konten multimedia lain (animasi, simulasi, video, game edukasi dan lain-lain)
Sumber : Laporan OJL Penulis Sumber https://arsyadriyadi.blogspot.com/
EmoticonEmoticon