Friday, January 30, 2015

Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi

Gaya gravitasilah yang mengakibatkan mangga yang lepas dari tangkainya jatuh ke tanah. Gaya gravitasi juga yang mengakibatkan bulan bergerak mengelilingi bumi. Mengapa gerak bulan berbeda dengan gerak mangga yang jatuh. Apakah gaya gravitasi ada bermacam-macam?
Sebelum aturan gravitasi ditemukan, sudah banyak data yang menjelaskan mengenai gerakan bulan maupun planet-planet lain. Namun sejauh itu, belum ada yang menjelaskan apa penyebab gerak bulan maupun planet-planet tersebut.
Baru pada tahun 1686, Newton menyatakan bahwa gerakan bulan mengelilingi bumi itu disebabkan adanya gaya yang bekerja padanya. Tanpa ada gaya luar yang bekerja. Maka bulan akan bergerak lurus dengan kecepatan tetap. Hal ini sesuai dengan aturan kelembaman, yang merupakan aturan I Newton wacana gerak.
Hukum Newton wacana gravitasi, menyatakan bahwa “ Tiap benda di alam semesta ini akan-menarik dengan gaya yang besarnya sebanding dengan massa masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda tersebut.”
Secara matematika, besarnya gaya tarik gravitasi dirumuskan dengan :
 Gaya gravitasilah yang mengakibatkan mangga yang lepas dari tangkainya jatuh ke tanah Gaya Gravitasi
Dengan :
m1 dan m2 yakni massa masing-masing benda, r sebagai jarak dari kedua benda dan G sebagai konstanta gravitasi (G = 6,673.10-11 N.m2/kg2).

Percepatan sebagai akhir gravitasi bumi

Gaya gravitasi bumi mengakibatkan benda-benda yang di atas bumi ditarik ke sentra bumi. Besarnya percepatan gravitasi bumi, dirumuskan dengan :
 Gaya gravitasilah yang mengakibatkan mangga yang lepas dari tangkainya jatuh ke tanah Gaya Gravitasi
dengan M yakni massa bumi dan R yakni jari-jari bumi.
Besarnya percepatan gravitasi ini tidak tergantung bentuk, ukuran, sifat dan massa benda. Besarnya percepatan gravitasi ini dipengaruhi oleh :
1. Ketinggian
Percepatan gravitasi bumi akan berkurang kalau posisi benda semakin jauh dari bumi.
2. Kedalaman
Jika sebuah benda masuk ke dalam bumi, maka percepatan gravitasinya tidak berasal dari massa seluruh bumi, tetapi dari massa kepingan dalam bumi saja, yaitu bola dengan jari-jari (R – h), dengan R yakni jari-jari bumi dan h sebagai posisi kedalaman benda tersebut.
 Gaya gravitasilah yang mengakibatkan mangga yang lepas dari tangkainya jatuh ke tanah Gaya Gravitasi
3. Letak lintang
Percepatan gravitasi bumi semakin ke kutub semakin besar. Percepatan terkecil pada ekuator. Hal ini disebabkan jari-jari bumi yang tidak rata (kutub bumi pepat akhir rotasinya).
Demikian postingan mengenai gaya gravitasi, agar bermanfaat. Untuk pendekatan rumus maupun pola perhitungan dapat dinantikan pada postingan selanjutnya.
Sumber : Surya, Yohanes. 1996. Olimpiade Fisika Sekolah Menengah Umum Catur Wulan Pertama Kelas 1. PT Primatika Cipta Ilmu
Sumber https://arsyadriyadi.blogspot.com/


EmoticonEmoticon