Wednesday, December 9, 2015

5 Bagian-Bagian Atom Beserta Penjelasan

Atom ialah unit terkecil dari setiap unsur kimia dan materi. Setiap benda padat, cair, dan, gas terdiri dari atom. Ukuran atom sangat kecil dengan rata-rata ukuran sekitar 100 pm. Meskipun atom merupakan unit terkecil dari setiap benda, atom ternyata mempunyai beberapa bagian. Berikut ialah bagian-bagian atom lengkap dengan klarifikasi fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Struktur Atom (Materi Ringkasan)

Atom ialah unit terkecil dari setiap unsur kimia dan bahan 5 Bagian-Bagian Atom Beserta PenjelasanPengertian Atom (Artikel Lengkap)

Inti atom ialah bab tengah atom yang berukuran sangat kecil dan padat. Inti atom disebut juga nukleus atom. Inti atom terdiri dari proton dan neutron yang saling terikat bersama dan membentuk gaya nuklir. Inti atom ditemukan oleh Ernest Rutherford pada tahun 1911. Ukuran inti atom sangat kecil kalau dibandingkan dengan atom. Meskipun begitu, hampir semua massa atom berada di inti atom.

2. Partikel Subatom

Partikel subatom (terkadang disebut partikel subatomik) ialah partikel yang berukuran jauh lebih kecil daripada atom. Jika disandingkan dengan sel, maka partikel subatom itu ialah organelnya. Partikel subatom terdiri dari elektron, proton, dan neutron dimana ketiganya itu termasuk fermion. Ada juga beberapa unsur yang tidak mempunyai keseluruhannya ibarat atom hidrogen yang tidak mempunyai neutron dan ion hidron yang tidak mempunyai elektron.

3. Elektron

Baca juga: 5 Perkembangan Teori Atom (Artikel Lengkap)

Elektron ialah partikel subatom yang mempunyai muatan negatif. Simbol elektron ialah e- atau β-. Elektron tidak mempunyai komponen lain sehingga sering dianggap sebagai partikel dasar. Massa elektron sekitar 1/1836 kali massa proton. Jumlah elektron sama dengan jumlah proton.

4. Proton

Proton ialah partikel subatom yang mempunyai muatan positif. Simbol proton ialah p atau p+. Massa proton dan neutron sama dan keduanya sanggup bergabung menjadi nukleus atom. Jumlah proton didefinisikan sebagai nomor atom. Dalam model standar fisika partikel, proton terdiri dari tiga quark.

5. Neutron

Neutron ialah partikel subatom yang tidak mempunyai muatan (netral). Simbol neutron ialah n atau n0. Proton dan neutron terikat bersama melalui gaya nuklir. Neutron mempunyai massa dan diameter yang hampir sama dengan proton. Dalam model standar fisika partikel, neutron terdiri dari tiga quark dan gluon.


Referensi:

  1. Atom (https://paketmateriku.blogspot.com//search?q=struktur-atom-materi-ringkasan)
  2. SEKILAS TENTANG ATOM, PROTON, NEUTRON & ELEKTRON (https://www.facebook.com/notes/kf-bumi-alam-semesta/sekilas-tentang-atom-proton-neutron-elektron/162900670441912/)


Anda sanggup request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat kolom komentar :)


Sumber http://hedisasrawan.blogspot.com/


EmoticonEmoticon